Makna Omprog The Glory of Art Tema Gandrung Sewu Banyuwangi 2023

Pagelararan Gandrung Sewu 2023
Sumber :
  • M Romi Syahroni/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi - Berbagai Festival digelar di Banyuwangi, Sama halnya yang dilaksanakan siang tadi yakni pagelaran Gandrung Sewu yang mengangkat tema Omprog The Glory of Art.

Festival Memancing jadi Kiat Banyuwangi Perangi Ilegal Fishing dan Bom Ikan

Apa sih makna gelaran gandrung sewu 2023 dengan tema Omprog The Glory of Art.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata M.Y. Bramuda menceritakan mengenai tema besar dalam seni kolosal Gandrung Sewu Omprog The Glory of Art.

Didik Nini Thowok Kagumi Seni Komunitas Lintas Iman Banyuwangi

Omprog berarti mahkota penari gandrung. Hal ini mengandung simbol sebagai pelindung kepala yang merupakan pusat kesadaran manusia serta manifestasi dari manusia yang memiliki derajat yang lebih tinggi.

“Omprog merujuk kepada sikap pengendalian diri seorang Gandrung. Seorang penari harus mampu menjaga diri agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan terhormat (The Glory of Art) sesuai simbolisasi derajat yang ada di mahkota Omprog,” ungkap Bramuda, Sabtu (16/9/2023).

Ciptakan Banyuwangi Festival, Anas Ditanya Kapan Kerjanya

Gelaran gandrung sewu kali ini disajikan berbeda, kalau biasanya pertunjukan seni kolosal Gandrung Sewu yang hanya digelar dengan koreografi yang bertema tertentu. Namun, kali ini ada hal berbeda dari tahun sebelumnya.

Akan banyak kejutan yang bisa menghipnotis para penonton seperti atraksi Air Show jajaran TNI AU yang terangkai dalam kegiatan Semarak Dirgantara. “Airshow akan berkolaborasi dengan atraksi Gandrung Sewu,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title