Lewat Sekolah Kopi RAISA, Astra Bersama Unej Bersinergi Tingkatkan Edukasi Dunia Perkopian Negeri

Halaman depan Sekolah Kopi RAISA
Sumber :
  • Dok. LP2M Universitas Jember / VIVA Banyuwangi

Bondowoso, VIVA Banyuwangi – Dalam rangka menumbuhkembangkan kesejahteraan dan kemandirian ekonomi masyarakat desa, Astra menggandeng berbagai pihak. Misalnya saja institusi kampus sebagai fasilitator dan penggerak dalam masyarakat dampingan melalui program Kampung Berseri Astra (KBA) ataupun Desa Sejahtera Astra (DSA).

Tak Mampu Kelola Parkir, Ini Langkah Pemkab Bondowoso Selanjutnya

Kampus yang turut berperan yaitu Universitas Jember melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) untuk mendampingi 6 Desa Sejahtera Astra (DSA) di Kecamatan Sumberwingin, Kabupaten Bondowoso.

Seperti diketahui, wilayah Bondowoso yang berada di kawasan dataran tinggi membuat mayoritas penduduknya mempunyai pencaharian sebagai petani kopi. Bahkan, kabupaten ini juga diakui sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di Jawa Timur.

Mangkir 3 Kali Panggilan, Pemkab Bondowoso Kirim Surat ke Direksi PT BOGEM, Begini Isinya

Berangkat dari potensi tersebut, hadirnya Desa Sejahtera Astra (DSA) menjadi langkah nyata untuk mewujudkan kesejahteraan petani kopi melalui intervensi kegiatan mulai dari hulu hingga ke hilir.

Diantara berbagai program DSA yang dikembangkan bersama LP2M Universitas Jember, Sekolah Kopi RAISA (Raung Ijen Sumberwingin Agropolitan) menjadi program andalan dalam hal edukasi kepada masyarakat luas maupun pelajar dari berbagai kalangan.

A Beg Rembeg Bareng Pemuda Milenial, Begini Harapan PJ Bupati Bondowoso

Ketua pelaksana fasilitator Desa Sejahtera Astra Bondowoso, Ali Badrudin, mengatakan Sekolah Kopi RAISA menjadi wadah edukatif bagi berbagai kalangan yang ingin belajar tentang seluk beluk dunia perkopian dari hulu hingga ke hilir.

Sebagai sarana edukatif, sekolah kopi yang berlokasi di desa Rejoagung ini mengajarkan seluruh proses perkopian dengan memadukan kuliner, bisnis, edukasi dan pertunjukkan lokal khas Sumberwingin kepada pengunjung.

Halaman Selanjutnya
img_title