Pameran Banyuwangi Kolo Semono: Cara Asik Menyelami Sejarah dan Kearifan Lokal, Catat Tanggalnya

Ilustrasi kehidupan tempo dulu
Sumber :
  • Disbudpar/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi menggelar pameran Banyuwangi Kolo Semono yang berlangsung mulai tanggal 3 hingga 7 Juni 2024 di halaman kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Banyuwangi. 

Bupati Banyuwangi: Penerimaan Siswa Baru SDN dan SMPN Gratis!

Secara harfiah, Banyuwangi Kolo Semono berarti Banyuwangi Pada Saat Itu yang merujuk pada Banyuwangi tempo dulu. 

Pengunjung akan diajak merasakan kekayaan budaya, sejarah dan tradisi khas Banyuwangi, temasuk panggung ragam kuliner tradisional, dari hidangan lezat hingga minuman tradisional jamu yang kaya akan khasiat alami.

Bupati Banyuwangi Tambah Kendaraan Kesehatan untuk Daerah Sulit Dijangkau

Terdapat pula hasil kerajinan klasik berbahan kayu dan bambu, batu permata, keindahan pakaian tradisional, bahkan pengunjung dapat menjajal relaksasi pijat tradisional pada acara tersebut. 

Setiap harinya pengunjung yang datang juga akan dihibur pertunjukan live musik dari para musisi lokal yang memukau dan beragam lomba, mulai dari lomba teater yang seru, lomba tari tradisional yang memikat, hingga lomba musik tradisional dan sinden yang siap menuai decak kagum. 

Antisipasi Kejahatan Jalanan, Jajaran Polsek Wongsorejo Datangi Pangkalan Truk

"Acara ini bagus sekali sebagai media pengenalan sejarah dan tradisi Banyuwangi. Tahun ini, kami meng-highlight soal gastronomi, atau dunia kuliner tradisional yang sebagaimana kita tahu Banyuwangi ini sangat kaya akan kuliner. Jadi, mari kita ramaikan Banyuwangi Kolo Semono agar pengetahuan kita bertambah," ajak Kabid Pemasaran Disbudpar Banyuwangi, Ainur Rofiq. 

Tambahnya, Banyuwangi Kolo Semono adalah kesempatan bagus untuk mempelajari kebudayaan dan menapak tilas sejarah Banyuwangi dengan cara yang asik dan acara juga terbuka untuk semua masyarakat tanpa pungutan biaya.