Berkunjung ke Kampung Inklusi di Banyuwangi, Hidup Bersama Warga Difabel Tanpa Saling Beri Stigma

Suasana di kampung inklusi Muncar
Sumber :
  • Litalia Putri / VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Pemerintah Indonesia melalui Undang-Undang Nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas telah memberikan akomodasi kepada warga disabilitas untuk mendapatkan kehidupan inklusif di berbagai aspek.

Inilah Perhatian Pemkab Banyuwangi Untuk Difabel, Cek Programnya

Hal inilah yang menginisiasi salah satu kampung di Banyuwangi untuk mewujudkan kehidupan yang inklusif dan ramah terhadap warga penyandang disabilitas.

Kampung inklusi yang ramah difabel ini terletak di wilayah Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi.

Banyuwangi Evaluasi Pendidikan untuk Disabilitas Usai Kejadian Pria Autis Tunggui Jasad Ibu

Koordinator Kampung Inklusi Muncar, Sri Wahyuni menjelaskan munculnya kampung inklusi ini awalnya bermula dari keresahan bahwa warga disabilitas juga perlu diakui dan diperlakukan secara sama oleh lingkungan tempat tinggalnya.

“Mereka butuh support, mereka butuh pengakuan dari lingkungan apapun kegiatannya,” kata perempuan yang akrab disapa Yuyun saat ditemui banyuwangi.viva.co.id, Selasa, 3 Oktober 2023.

475 ODGJ di Situbondo Memiliki Hak Pilih Pemilu 2024

Yuyun menambahkan, lokasi kampung inklusi ini dipilih karena terdapat sejumlah warga disabilitas serta adanya SLB yang menjadi sarana pendidikannya.

“Ada pendidikan terkait dengan pendidikan khusus yang melayani dan mendidik anak disabillitas. Selain itu, ada beberapa saudara kita disabilitas yang rumahnya di sini,” tutur Yuyun yang juga menjabat sebagai Kepala Sekolah SLB YPABK Muncar.

Halaman Selanjutnya
img_title