Justitia, Sahabat Korban Kekerasan Seksual dan Inisiator Kolektif Advokat

Justitia Avila Veda sahabat korban kekerasan seksual
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Banyuwangi

Bandung, VIVA BanyuwangiJustitia Avila Veda adalah inisiator Kolektif Advokat untuk Keadilan Gender (KAKG) yang memberikan konsultasi online bagi klien di seluruh wilayah Indonesia yang akan menjalani persidangan.

4 Orang Saksi Diperiksa Polisi Terkait Kematian Santri Asal Banyuwangi, Benarkah?

Awalnya, sebelum KAKG terbentuk, sekitar tahun 2020, ia menawarkan bantuan konsultasi kasus kekerasan seksual lewat cuitan di akun twitternya yang kemudian mendapat banyak respon positif. 

Dari hak tersebut, setelah KAKG terbentuk, semua program yang ia lakoni, secara keseluruhan berbasis teknologi, di antaranya direct message Twitter, Instagram, email, serta hotline telepon. 

Anggota Pencak Silat di Jember Tewas Saat Latihan, ini Penyebabnya

Atas inisiatifnya, ia mendapat apresiasi dari PT Astra International Tbk, sebagai penerima penghargaan SATU Indonesia Awards pada tahun 2022 dalam kategori teknologi. 

Seperti diketahui, kasus kekerasan seksual belakangan cukup menyita perhatian atas banyaknya kasus yang terjadi, dengan korban tak hanya perempuan melainkan juga laki-laki. 

Cegah Kekerasan Kelompok Pemuda, Satpol PP Jember Patroli Malam Hari

Hal tersebut pula yang dimaksudkan oleh KAKG, yaitu tanpa memandang gender, seluruh warga Indonesia yang menjadi korban kekerasan seksual bisa mendapatkan bantuan hukum untuk memperjuangkan keadilan. 

Karena angka kekerasan seksual yang naik tiap tahunnya tak hanya menimbulkan luka fisik, namun juga luka psikis yang dapat menyebabkan trauma berkepanjangan, belum lagi stigma negatif dari masyarakat yang harus dihadapi korban. 

Halaman Selanjutnya
img_title