Kisah M Agus Rahmatullah, Gagas Pemberdayaan Warga Melalui Kesadaran Sanitasi

M. Agus Rahmatullah sedang presentasi kepada warga
Sumber :
  • Dok. Agus Rahmatullah / VIVA Banyuwangi

Lombok Timur, VIVA Banyuwangi – Sanitasi menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia sehari-hari. Buruknya tingkat sanitasi di masyarakat dapat menyebabkan berbagai macam masalah muncul.

Libatkan Dokter Ahli, Operasi Katarak Gratis di Banyuwangi Nihil Keluhan

 

Mulai dari timbulnya beragam penyakit yang berakibat pada kesehatan, pencemaran lingkungan hingga ketersediaan air layak konsumsi yang semakin berkurang. 

Lomba Kicau Mania Lestarikan Lingkungan Hidup

Berdasarkan data yang diperoleh dari M. Agus Rahmatullah, sampai saat ini masih 80% dari 45 juta rumah di Indonesia yang telah mempunyai perlengkapan sanitasi layak. Dengan kata lain, masih banyak orang di Nusantara ini yang membutuhkan alat sanitasi layak pakai.

Upaya untuk menanggulangi sanitasi masyarakat yang buruk ini sebenarnya sudah dilakukan oleh pemerintah. Misalnya saja dari program pemerintah untuk menuntaskan Buang Air Besar Sembarangan (BABS) yang terus digalakkan di masyarakat.

Jangkitan Chikungunya Meluas, Masyarakat Banyuwangi Diminta Waspada

Sayangnya, program penuntasan sanitasi masyarakat dari pemerintah selama ini sifatnya belum bisa memberikan efek perubahan secara total.

Menurut Agus, hal ini tidak lepas dari budaya masyarakat yang memandang program pemerintah identik dengan beragam bantuan dalam pelaksanaannya.

Halaman Selanjutnya
img_title