Cerita Mak Pit Umami: Relakan Omset Rp 20 Juta Demi Perjuangkan UMKM Naik Kelas
- Mak Pit for Viva Bwi
Banyuwangi – Tak banyak yang mengenal figur Mak Pit, tapi di kalangan pelaku UMKM pemilik nama lengkap Rekto Puspitasari ini dikenal sebagai Ketua Harian Usaha Makanan dan Minuman Banyuwangi atau Umami.
Demi untuk memperjuangkan UMKM Naik Kelas, Ia merelakan omset sebesar Rp 20 juta perbulan untuk mengangkat kemampuan sosial dan ekonomi, terlebih bagi kalangan wanita atau emak-emak.
Baik melalui pelatihan hingga pendampingan kepada para pelaku UMKM atau emak-emak yang ingin mencoba bergelut dan mulai merintis sektor UMKM.
Agar gampang diingat, kemudian ia menyematkan penggalan dari nama lengkapnya menjadi brand usahanya ‘Dapur Piets’. Ia pun cukup dikenal dengan sapaan Mak Pit.
“Saya mulai menekuni atau terjun ke UMKM sejak 6 tahun yang lalu. Lalu, berjalannya waktu jadi Ketua Harian Asosiasi Umami baru 1 tahun,” ujarnya kepada banyuwangi.viva.co.id, Minggu (14/05/2023).
Produk andalan Dapur Piets saat ini adalah makanan olahan, yaitu abon. Mak Pit menjelaskan, ada abon tuna, abon ayam, abon hasil perikanan seperti lemuru dan lain-lain.
Selain makanan olahan perikanan, ada pula kue kering, rambak patin, dan makanan olahan seperti keripik singkong.