Puasa aman bagi penderita Maag, ini Tipsnya

Ilustrasi sakit maag
Sumber :
  • Istimewa / VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi –Penulis: dr.Fitria Eko Briyanti RSUD Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

KPK Bimtek ke Banyuwangi, Soroti Soal Pengelolaan Keuangan Daerah

Puasa ramadhan memiliki manfaat menyehatkan tubuh karena mampu membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Sayangnya, tidak semua orang bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Apalagi bagi orang-orang yang memiliki masalah pada lambung seperti mengidap penyakit maag.

Pakar kesehatan menjelaskan bahwa penyakit maag merupakan masalah yang paling sering muncul yang dialami oleh masyarakat pada saat bulan suci Ramadhan.

Ratusan Masyarakat Wongsorejo Nobar Indonesia vs Guinea di Pinggir Jalur Jawa - Bali

Sakit maag atau tukak lambung adalah sejumlah gejala yang ditandai seperti nyeri perut bagian atas tepatnya ulu hati bagian atas,perut begah,kembung dan sering bersendawa.

Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh bagi penderita maag di bulan Ramadhan adalah pertama makan secukupnya waktu berbuka dan sahur,karna makan terlalu banyak dalam satu waktu membuat lambung bekerja lebih keras. Hal ini dapat memicu keluhan perut begah dan terasa penuh.

Dua Pelabuhan di Situbondo Dijaga Ketat Polisi, Ada Apa?

Selanjutnya konsumsi dengan makanan yang ringan kemudian dilanjutkan dengan makan besar jika masih lapar setelah berbuka, misal setelah tarawih cukup mengkonsumsi camilan ringan yang sehat seperti kurma,pisang atau biscuit.

Selanjutnya jangan makan terlalu terburu buru,karna selama menjalankan puasa mungkin anda terlambat bangun untuk sahur namun ingat jangan terburu buru menghabiskan makanan,selain itu hindari makan sembari ngobrol karna membuat banyak udara masuk kesaluran cerna.

Halaman Selanjutnya
img_title