Mengintip Biaya Masuk SMAN Banyuwangi Capai Rp 5 Juta Tiap Peserta Didik

Kepala Sekolah SMAN 1 Giri, Mujib presentasi seragam ke wali murid
Sumber :
  • Hafiluddin Ahmad/VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA BanyuwangiBiaya masuk SMAN Banyuwangi terbilang cukup fantastis yang capai Rp 5 juta. Angka itu dibebankan kepada peserta didik baru, untuk pembelian kain seragam dan dana peran serta masyarakat sarana prasarana (PSM Sarpras), biasa disebut uang gedung.

DPRD Jatim Minta Gubernur dan Dindik Sikapi SMAN Peminta Sumbangan Uang Gedung

Rinciannya, Rp.2.250.000 untuk seragam sekolah bagi peserta didik laki-laki dan Rp.2.350.000 untuk murid perempuan. Informasinya, lebih mahal Rp.100 ribu lantaran ada tambahan kain untuk kerudung.

Sedangkan, biaya yang harus dipenuhi wali murid agar anaknya dapat sekolah di salah satu SMAN di Banyuwangi yakni uang gedung sebesar Rp.3 juta rupiah yang diistilahkan dana PSM Sarpras.

Kadikbud : Kami Sudah Himbau Keras, Segera Ambil Seragam, Jangan Sampai Terlambat

Menurut UI yang memasukkan anaknya ke sekolah milik pemerintah itu lantaran lokasinya dekat dari rumah, sehingga putrinya itu didaftarkan melalui PPDB online jalur zonasi.

“Uang gedung atau untuk sarana prasarana saja Rp.3 juta, seragam Rp.2.350.000 itu masih belum biaya jahit seragam yang 7 itu,” katanya, dikutip Selasa (08/08/2023).

Pemkab Lumajang Bagi Kain Seragam Baru untuk Siswa, Jika Terlambat Bagikan Bisa Timbulkan Masalah

Baca juga: 303 Wali Murid Baru SMAN 1 Giri Ditarik Dana PSM Sarpras Rp 3 Juta, Pungutan?

Wali murid lainnya, EI merinci biaya masuk sekolah yang harus dikeluarkan dapat menembus angka Rp.10 juta. Mulai menebus seragam lewat koperasi sekolah hingga iuran atau tarikan lainnya.

Halaman Selanjutnya
img_title