Petahana "Ngambek" Tak Lolos Seleksi Bakal Calon Kades, DPMD Banyuwangi: Terlambat

Ilustrasi pelaksanaan Pilkades Serentak tahapan terus berlanjut
Sumber :
  • Moh. Hasbi/Viva Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Kepala Desa Petahana Kalibaru Kulon, Kecamatan Kalibaru Risano Muhammad Sholeh menjadi sorotan karena menyegel kantor sekretariat panitia pemilihan kepala desa (pilkades) usai tak lolos seleksi bakal calon kades pada 18 Agustus 2023 lalu.  

Gus Makki: Persyaratan SPM Jangan Seperti Litsus Orde Baru

Menanggapi hal tersebut, Staf Fungsional Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Banyuwangi Fredy Budi Muljo mengatakan belum ada laporan yang masuk ke instansinya. 

Namun demikian, Fredy yang mengetahui perihal kabar tersebut mengatakan bahwa telah ada mediasi pihak Kecamatan Kalibaru dengan Risano, meski akhirnya belum menemui titik terang. 

Gus Makki Ingin Revisi SPM jika Terpilih jadi Bupati, Ini Kata Dinsos Banyuwangi

Ia melanjutkan, terkait penyebab tidak lolosnya Risano untuk maju kembali adalah soal perizinan, di mana kades petahana harus menyertakan izin yang diperoleh dari camat untuk mencalonkan diri lagi.

Namun, Risano justru baru menyerahkan berkas perizinan tersebut pada 18 Agustus 2023, hari di mana telah dilakukan pengumuman bakal calon kades yang telah memenuhi syarat administrasi. 

Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Digelar di Banyuwangi, Ini Tujuannya

Berkasnya pun ditolak panitia karena terlambat dari waktu yang ditentukan, yang selanjutnya panitia menetapkan bakal calon kades yang telah memenuhi persyaratan administrasi. 

"Seharusnya sebelum itu (18/08/2023) diserahkan," terang Fredy kepada banyuwangi.viva.co.id.

Halaman Selanjutnya
img_title