Perangi Sampah Plastik, Sungai Watch Lakukan Bersih Pantai Terpolusi di Muncar Banyuwangi

Relawan Sungai Watch memunguti sampah di area pantai Tratas
Sumber :
  • Litalia Putri / VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Non-Governmental Organization (NGO) Sungai Watch melakukan aksi pembersihan sampah plastik pada pantai terpolusi di Banyuwangi. Lokasi ini berada di kawasan pesisir pantai Tratas, Kecamatan Muncar, Banyuwangi.

Tumpukan Sampah di Mimbo Terlambat Diangkut Petugas, Warga: Bikin Pusing Kepala

Dengan menggandeng Pemerintah Daerah (Pemda) Banyuwangi, Sungai Watch menurunkan tim sebanyak 40 orang untuk membersihkan sampah plastik di pesisir pantai Tratas, Desa Kedungringin, Kecamatan Muncar selama satu minggu penuh mulai 1-8 September 2023.

Founder Sungai Watch di pantai Tratas, Muncar

Photo :
  • Litalia Putri / VIVA Banyuwangi
Proyek STOP Sukses Buka Layanan Persampahan untuk Masyarakat Banyuwangi

Salah satu founder Sungai Watch, Sam Bencheghib, menuturkan lokasi ini dipilih karena banyaknya penumpukan sampah plastik di sekitar pantai. Bahkan, lapisan-lapisan plastik yang tertumpuk di pesisir pantai ini membentang sepanjang 350 meter.

“Kami datang kesini untuk bersihkan pantai ini, karena banyak sampah disini datang dari sungai,” ujar pemuda yang akrab disapa Sam, saat ditemui Banyuwangi.viva.co.id, Jumat (1/9).

Melihat TPS 3R Muncar Banyuwangi, Peraih Adipura Pengolahan Sampah 3R Terbaik se-Indonesia

Kegiatan ini, lanjut Sam, bertujuan untuk menjaga kebersihan pantai dan lingkungan. Ia berharap, penumpukan sampah plastik di kawasan pesisir pantai Tratas, Muncar ini juga tidak terulang kembali di masa mendatang.

“Kami mengajak seluruh masyarakat Banyuwangi untuk turut serta dalam upaya ini,” tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title