Cegah Terjadi Tsunami BPBD Banyuwangi Rancang Kontingensi Kebencanaan Tahun 2023

Bpbd Banyuwangi melaksanakan penyusunan Dokumen Renkon 2023
Sumber :
  • Moh. Hasbi/VIVA Banyuwangi

Banyuwangi,VIVA Banyuwangi - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi Melakukan pembuatan laporan penyusunan draft rencana Kontigensi Tsunami tahun 2023.

Bupati Ipuk Salurkan Insentif Rp. 7,2 Miliar bagi 1.200 Guru PAUD

Kegiatan yang digelar dan berlangsung di kantor Bupati, Sementara dalam penyusunan dokumen sebelumnya BPBD telah melaksanakan kajian resiko terjadinya Bencana alam, selanjutnya hasil dokumen kajian dilaporkan ke Pemerintah daerah.

Danang Hartanto selaku kepala BPBD Banyuwangi mengatakan, penyusunan dokumen ini bertujuan dalam mengurangi dan mengantisipasi terjadinya bencana daerah termasuk juga draft Kontigensi Ancaman bencana Tsunami.

Sky Bridge Penghubung Stasiun Kereta Api dan Pelabuhan Ketapang Segera Dibangun

"Kami bersama melalui bidang pencegahan dan kesiap siagaan untuk mengantisipasi terjadinya bencana, untuk antisipasi secara dini, dengan begitu kita perlu melakukan kajian - kajian Resiko terjadi Bencana," kata Danang Kepala BPBD Banyuwangi, pada Senin, 25 September 2023.

Proses penyusunan turut melibatkan stakeholder, instansi dan kelembagaan terkait, perwakilan jajaran Satuan Kerja Kepemerintahan Daerah (SKPD), perwakilan Forpimda,Relawan kebencanaan, dan BMKG.

KCMI: Kami Ingin Menyaksikan Keistimewaan Banyuwangi, ada apa?

"Selain sebagai dokumen pencegahan terjadi bencana, dalam draft juga membahas beberapa peta titik rawan daerah berpotensi terjadi bencana, kita tahu Banyuwangi dikelilingi samudra pesisir pantai dan Gunung artinya berpotensi bencana Alam. Seperti beberapa tahun ke belakang Banyuwangi pernah ada Peristiwa Tsunami," sebutnya.

BPBD membutuhkan peran pemerintah daerah dalam hal ini Bupati untuk menandatangani lembar pengesahan (Renkon), dan Bupati juga sebagai pimpinan (komando) dalam mengendalikan pelaksanaan kesiap siagaan tanggap darurat penanganan bencana.

Halaman Selanjutnya
img_title