Pencermatan DCT Selesai, KPU Banyuwangi: 1 Parpol Gagal Submit

Ilustrasi pemilu 2024
Sumber :
  • Pixabay

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Pencermatan Daftar Calon Tetap (DCT) partai politik yang akan melenggang ke pemilu 2024 telah selesai dilaksanakan pada Selasa, 3 Oktober 2023 tepat tengah malam. 

125 Anggota PPK Dilantik KPU Banyuwangi untuk Pilkada 2024

Hasil dari proses tersebut, terdapat 16 partai yang ter-submit mengajukan rancangan pencermatan DCT, sementara 1 parpol yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP) gagal mengajukan perubahan bakal calon legislatif (bacaleg).

Hal tersebut karena PPP datang ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di waktu yang terbilang mepet, yaitu pukul 23.52 dan tak dapat menyelesaikan proses hingga melewati batas waktu yang ditentukan. 

Beri Efek Jera, KPU Banyuwangi "Parkirkan" PPK Pelanggar Kode Etik

"Hingga pukul 00.06 di Silon (Sistem Informasi Pencalonan) mereka belum ada pengajuan," kata Divisi Teknis KPU Banyuwangi Ari Mustofa kepada awak media. 

Ari belum dapat memastikan ada seberapa banyak perubahan yang diajukan parpol karena belum melakukan verifikasi. Setelah verifikasi dilakukan juga masih ada potensi bacaleg yang baru diajukan tak memenuhi syarat. 

PKB Beri Rekom untuk Pilkada Banyuwangi, Gus Makki: Siap jadi Anak Baik

"Sehingga nanti ada potensi berkurang. Namun saat memenuhi syarat semua, jumlahnya akan tetap," jelasnya. 

Ia juga belum bisa memastikan nasib PPP ke depannya karena setelah batas waktu pencermatan DCT selesai, maka perkara tersebut menjadi persoalan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dengan KPU RI.

Halaman Selanjutnya
img_title