Wujudkan Generasi yang Berakhlak, Banyuwangi Gelar Festival Anak Saleh

Festival Anak Saleh di PP Mabadiul Ihsan
Sumber :
  • Litalia Putri / VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi melalui Dinas Pendidikan (Dispendik) menyelenggarakan Festival Anak Saleh (FAS) pada Rabu, 18 Oktober 2023.

Jaring Apirasi Anak, Bupati Ipuk Gelar Rembug Anak

Acara yang digelar untuk turut memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2024 ini dipusatkan di Pondok Pesantren (PP) Mabadiul Ihsan, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, yang membuka kegiatan secara virtual menyebut Festival Anak Saleh merupakan bagian dari ikhtiar pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelajar di Banyuwangi.

Satu-Satunya di Jatim, Banyuwangi Raih Penghargaan Revitalisasi Bahasa Daerah dari Kemendikbud Riste

“Melalui Festival Anak Saleh ini, saya berharap para pelajar di Banyuwangi mempunyai karakteristik perilaku yang mengedepankan akhlakul karimah,” kata Ipuk.

Ipuk menekankan, perilaku budi pekerti luhur juga menjadi bagian penting yang perlu ditanamkan dalam pendidikan anak. Ia mengungkap, kemampuan kognitif yang baik dari seorang anak harus berjalan beriringan dengan peningkatan akhlakul karimah dari anak tersebut.

Bupati Ipuk Dorong Nelayan Diversifikasi Pangan Hasil Tangkapan Laut

“Peristiwa perundungan dan tindak kekerasan yang terjadi di lingkungan sekolah beberapa waktu lalu, menjadi salah satu indikator bahwa penanaman akhlak merupakan sesuatu yang penting,” lanjut Bupati Banyuwangi itu.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) SMP Dispendik Banyuwangi, Alfian mengungkap Festival Anak Saleh memberikan dampak positif dalam pembentukan karakter para pelajar di Banyuwangi.

Halaman Selanjutnya
img_title