Harga Cabai Tembus Rp 80 Ribu Perkilo, Pedagang Turun Omset

Pedagang cabai di Pasar Banyuwangi
Sumber :
  • Fitri Anggiawati/VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Kenaikan harga komoditas cabai di berbagai wilayah terus meningkat tajam, salah satunya di Banyuwangi yang mencapai Rp 80 ribu perkilogram, meningkat hingga 50 ribu dalam waktu satu bulan. 

PIM Raih Penghargaan Terbaik Pelaksanaan TJSL di Aceh

Di Pasar Banyuwangi, harga tersebut merupakan harga untuk varian cabai Grogol, sementara untuk cabai rawit ori dijual dengan harga berkisar Rp 68 ribu hingga Rp 70 ribu perkilogram dari yang sebelumnya juga di kisaran Rp 30 ribu perkilogram. 

Sementara untuk cabai rawit hijau, harga terkini adalah Rp 48 ribu perkilogram, meningkat tajam dari harga normal biasanya Rp 25 ribu. 

KPK Bimtek ke Banyuwangi, Soroti Soal Pengelolaan Keuangan Daerah

Kenaikan juga dialami cabai merah besar meski tak signifikan, yaitu dari awalnya Rp 25 ribu pekilogram, kini Rp 32 ribu sekilonya. 

Tak pelak, peningkatan harga di semua jenis bahan bumbu dapur, terutama cabai dikeluhkan pedagang karena menyebabkan penurunan omset. 

Bupati Ipuk Cek Kesiapan Lokasi Relokasi Pedagang Pasar Banyuwangi

"Sebelum jualan selesai, cabai rawit biasanya habis. Sekarang sampai 3 hari belum habis," terang salah satu pedagang, Ulil kepada Banyuwangi.viva.co.id.

Ia tak dapat berbuat banyak karena tak memungkiri bahwa dengan harga yang ada saat ini juga akan membuat calon pembeli berpikir dua kali sebelum berbelanja. 

Halaman Selanjutnya
img_title