Pelabuhan Bulusan Siap Diaktifkan Sebagai Dermaga Kapal Lintasan Panjang

Dirjen Perhubungan Darat meninjau Pelabuhan Bulusan
Sumber :
  • Fitri Anggiawati/VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi Pelabuhan Bulusan Kecamatan Kalipuro akan mulai diaktifkan sebagai dermaga Long Distance Ferry (LDF) atau lintasan panjang yang kapasitasnya 3 kali lipat lebih besar dibandingkan kapal biasa. 

Urai Kemacetan Pelabuhan Ketapang Dengan Cara ini

"Jika ini berfungsi, dapat membantu kelancaran lalu lintas yang ada di pelabuhan," terang Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Hendro Sugiatno kepada Banyuwangi.viva.co.id.

Sebagai persiapan, akan dilakukan uji coba pengoperasian kapal LDF serta evaluasi kesiapan pelabuhan tersebut sebelum nantinya melayani penyeberangan menuju Lembar, Lombok Barat, NTB secara resmi. 

Liburan Telah Tiba, Ini Rekomendasi Hotel di Banyuwangi, Dekat Pusat Kota dan Wisata!

Uji coba direncanakan akan berlangsung dari tanggal 6 hingga 10 November 2023 mendatang dengan pantauan langsung dari Kementerian Perhubungan. 

Apabila segala kesiapan menunjukkan hasil baik, maka kemudian akan dilakukan pengaspalan untuk lahan parkir yang nantinya juga berfungsi sebagai buffer zone atau area penyangga dengan daya tampung sekitar 300 kendaraan.  

Angin Kencang dan Ombak Tinggi, Pelabuhan Ketapang Jawa-Bali Dipadati Kendaraan

"Nanti juga akan dibangun jembatan untuk menghubungkan dengan pelabuhan yang di sana (LCM) sehingga area pelabuhan menjadi lebih luas," lanjutnya. 

Sementara itu, General Manager ASDP Ketapang Syamsudin mengatakan pembangunan Pelabuhan Bulusan akan dibuat secara representatif dengan standar yang diharuskan. 

Halaman Selanjutnya
img_title