Warga Binaan Lapas Kelas II Ikuti Program Pendidikan Kejar Paket

Situasi saat warga Binaan Lapas Banyuwangi Diberikan Pelatihan
Sumber :
  • Moh. Hasbi/VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi - Sejumlah warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuwangi Jawa Timur benar-benar diberikan layanan prima. Selain keterampilan, mereka juga diberikan pendidikan kejar paket.

Tak Kompromi, Pemkab Banyuwangi Mutasi Guru Pelaku Bully

Pemberian prima diharapkan bermanfaat ketika warga binaan keluar lapas memiliki bekal pendidikan yang standar. 

Diketahui Program kejar paket ini bekerjasama dengan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kecamatan Giri Banyuwangi Jawa Timur.

Banyuwangi Wujudkan Sekolah Nyaman untuk Optimalkan Program Merdeka Belajar

"Warga binaan juga berhak mendapatkan ilmu pengetahuan, serta lulus pada jenjang pendidikannya. Ini demi kehidupan yang lebih baik setelah bebas," ujar Kepala Lapas Banyuwangi Agus Wahono, Sabtu 11 November 2023.

Selama pendidikan kejar paket, para guru pendidik sengaja didatangkan ke Lapas. Mereka mengajar sedikitnya 22 warga binaan. Dengan Rincian 11 warga binaan wanita, sisanya laki-laki. 

DPRD Banyuwangi Desak Pelaksanaan PPG untuk Guru Agama Non ASN

"Program pendidikan ini merupakan program pemerintah yang juga di Aplikasikan di kawasan Lapas Banyuwangi, dan sebagai pesertanya yakni warga binaan yang sedang melaksanakan masa kurungan," jelas Agus.

Agus Menerangkan, Program pendidikan kejar paket ini dilakukan dengan kerjasama selama tiga tahun. Sehingga, warga binaan bisa mendapatkan ijazah kejar paket. Kebanyakan adalah kejar paket C atau setara SMA. Ada juga yang kejar paket B atau setara SMP. 

Halaman Selanjutnya
img_title