Hamas Kecam EU Karena Tuduhannya Hanya Kedok Untuk Israel

Pasukan khusus Hamas, Brigade Izzuddin Al-Qassam
Sumber :
  • Istimewa/ VIVA Banyuwangi

Ankara, VIVA Banyuwangi – Tuduhan yang dilontarkan Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa (EU) Josep Borrel bahwa pejuang Palestina menggunakan rumah sakit dan tameng manusia dibantah keras Hamas. Tudingan tersebut dianggap sebagai kedok pembenaran atas serangan militer Israel pada warga sipil dan rumah sakit di jalur Gaza Palestina.

Banyuwangi Pasok Bantuan untuk Korban Perang di Palestina

Tudingan tersebut ditulis Josep Borrell diplatform media sosial X, Minggu 12 November 2023 yang mengutuk penggunaan rumah sakit dan warga sipil sebagai tameng manusia oleh Hamas.

“Warga sipil harus diizinkan meninggalkan zona pertempuran. Permusuhan sangat berdampak pada rumah sakit dan menimbulkan korban jiwa yang sangat besar terhadap warga sipil,” tulis Borrell di platform sosial X.

Produk Pro Israel Dirazia dan Dibakar Ratusan Santri

Komentar Borrell muncul setelah Israel menuduh Hamas mendirikan pusat komando militer di bawah Rumah Sakit Al-Shifa di Jalur Gaza.

“Kami meminta Israel untuk menunjukkan pengendalian diri maksimal demi menyelamatkan nyawa warga sipil," tutur dia, menambahkan.

UAH: Jauhi Produk Pro Israel

Tudingan Josep Borrell dibantah keras Hamas dan dianggap sedang mencari pembenaran atas agresi militer Israel yang banyak menyasar kalangan sipil terutama wanita dan anak.

“Tuduhan Borrell adalah pemutarbalikan fakta dan kedok Eropa agar penjajah [Israel] melakukan lebih banyak kejahatan terhadap anak-anak dan warga sipil yang tidak berdaya,” kata Hamas dalam sebuah pernyataan pada Senin, 13 November 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title