Amankan Sejumlah Pemuda di Ajung, Polisi Nyatakan Tak Ada Kaitan Klitih

Pemuda yang diamankan di Ajung tidak ada kaitan klitih
Sumber :
  • Sugianto /VIVA Banyuwangi

Jember, VIVA Banyuwangi - Amankan sejumlah pemuda di sekitar wilayah Kecamatan Ajung, Polisi menyatakan itu tidak ada kaitannya dengan istilah Klitih (Kliling Golek Getih).

Ancam Kebebasan Pers, IJTI, AJI dan PWI Jember Tolak RUU Penyiaran

"Terkait dengan berita yang lagi viral di kalangan wilayah Jember, yang dikenal dengan Klitih, itu tidak ada kaitannya," kata Kasat Reskrim Polres Jember, AKP Abid Uwais Al-Qarni saat press conference di kantornya, Senin 20 November 2023.

Menurut Abid, sebanyak 10 pemuda yang awalnya diamankan, didapati 6 orang pemuda yang membawa Senjata Tajam (Sajam). Namun ini, tidak ada kaitan dengan info yang beredar dan meresahkan masyarakat saat ini.

Pedagang Sayur Keliling di Jember Naik Haji

"Terkait dengan kasus yang kami tangani ini, tidak ada kaitan dengan berita-berita hoax, yang tersebar beberapa hari belakangan ini," tegasnya.

Dimana 6 orang pemuda yang diamankan ini, karena meresahkan warga dan melanggar pasal 2 ayat (1) undang-undang darurat nomor 12 tahun 1951 tentang senjata tajam, dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara.

Pilkada Jember, Kader PDIP: Partai Sudah Tahu Siapa yang Harus Dilirik

"Senjata tajam ini belum digunakan melakukan tindakan pidana, namun sudah ada upaya, yang menurut saksi mengayungkan senjata tajam ini sambil berjalan mengendarai motor," ujarnya.

Saat diamankan di Traffic Light Desa Ajung dan Desa Mangaran, 6 orang pemuda ini didapati memiliki senjata tajam seperti 1 buah golok, 1 celurit, 1 pisau dapur.

Halaman Selanjutnya
img_title