Petani Banyuwangi Harus Tahu ini, Peredaran Pupuk Bisa di Cek Online

Petani Bisa Cek Peredaran Pupuk bersubsidi Aplikasi Smart Kampung
Sumber :
  • Moh. Hasbi/VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi-Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur terus berupaya memberikan pelayanan kepada Masyararakat, di Era Serba digitalisasi saat ini Pemkab Kembali meluncurkan program di sektor pertanian.

Polres Situbondo Amankan 42 Motor Herex yang Hendak Balap Liar

Petani dapat mengawasi peredaran pupuk bersubsidi dengan menggunakan aplikasi Cek Pubertas (cek pupuk bersubsidi secara terbatas) yang diintegrasikan dengan Smart Kampung.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan inovasi Cek Pubertas dibuat untuk memudahkan petani mengetahui dan memantau alokasi pupuk bersubsidi, mulai dari berapa banyak pupuk yang telah ditebus, dan jumlah sisa kuota yang dimiliki.

Diguyur Hujan, Masyarakat Banyuwangi Tumpah Ruah Nobar Indonesia vs Irak

"Dengan sistem ini membuat petani memudahkan dalam pemenuhan kebutuhan pupuk, apabila jatah pupuk subsidi miliknya telah habis. Dengan diintegrasikan di Smart Kampung aplikasi yang berisi beragam pelayanan publik, harapan kami ini bisa memudahkan petani untuk melakukan banyak hal cukup dalam satu aplikasi, di Smart Kampung," kata  Ipuk, Selasa 21 November 2023.

Selain itu, terkait aplikasi Cek Pubertas juga dapat menghubungi kelompok tani sebagai pembuat pupuk alternatif apabila alokasi pupuknya sudah habis.

Satu-Satunya di Jatim, Banyuwangi Raih Penghargaan Revitalisasi Bahasa Daerah dari Kemendikbud Riste

Ipuk juga Mengungkapkan, dalam Fitur Cek Pubertas juga membuat partisipasi petani secara langsung dalam fungsi kontrol dan pengawasan distribusi pupuk bersubsidi, yang sebelumnya hanya ada di Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3).

Selanjutnya melalui aplikasi ini, lanjut Ipuk, petani bisa mendapatkan informasi lainnya, seperti kelompok-kelompok petani unggulan produsen pupuk alternatif, informasi harga eceran tertinggi (HET) dan pilihan pupuk nonsubsidi.

Halaman Selanjutnya
img_title