Hadiri R20 Isora, UIN Ar Raniry Banda Aceh Siap Respon Isu Global

Suasana R20 International Summit of Religious Authorities
Sumber :
  • Instimewa / VIVA Bayuwangi

Banda Aceh, VIVA Banyuwangi – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh siap merespon isu global pada R20 International Summit of Religious Authorities (Isora) yang digelar oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Center for Shared Civilizational Values, pada Senin 27 November 2023 di Jakarta.

Disinyalir Akan di Klaim PKB, Para Ulama NU Kirim Surat Ke PBNU

Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof. Mujiburrahman mengatakan, keterlibatan UIN Ar Raniry Banda Aceh pada forum R20 Isora menjadi peluang untuk merespon isu global.

“Respon kita terutama untuk membangun konsensus bersama sebagai misi perdamaian dan kelangsungan hidup bersama melalui konsep moderasi beragama,” kata Prof. Mujiburrahman.

Ribuan Warga Lumajang Padati Festival Musik Patrol, Begini Keseruannya

Prof. Mujiburrahman menyebutkan, pada kegiatan Isora itu, para pemimpin agama yang tergabung dalam forum R20 akan mempresentasikan tanggapan mereka terkait solusi yang bisa diberikan melalui jalur agama atas permasalahan kemanusiaan yang terjadi di berbagai negara, terutama di Palestina.

Sementara itu, Kepala Pusat Kerohanian dan Moderasi Beragama (PKMB) UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Saifuddin A. Rasyid menambahkan, pihaknya mengapresiasi atas gagasan dan inisiatifnya PBNU untuk meluncurkan Forum R20 Isora itu.

Keutamaan Memaafkan dan Berlapang Dada, ini Keistimewaannya

“Kami mengucapkan terima kasih yang telah melibatkan UIN Ar-Raniry Banda Aceh pada kegiatan skala internasional itu,” ucap Saifuddin A. Rasyid.

Saifuddin A. Rasyid mengaku, kegiatan itu merupakan misi besar kemanusiaan untuk menjaga persatuan sejalan dengan spirit moderasi beragama.

Halaman Selanjutnya
img_title