Laporan Gejala Covid-19, Dinkes Akui Kesulitan Identifikasi

Anak pakai masker akibat penyebaran Covid.
Sumber :
  • Fitri Anggiawati/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Kasus Covid-19 muncul lagi usai beberapa waktu redam. Kasus awalnya terjadi lonjakan di Singapura, berlanjut ke Malaysia dan kini ditemukan di Indonesia yaitu di Kota Jakarta. 

Libatkan Dokter Ahli, Operasi Katarak Gratis di Banyuwangi Nihil Keluhan

Terkait hal tersebut, Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuwangi mengungkapkan bahwa apabila melihat dari sisi gejala, ada banyak masyarakat Banyuwangi yang mengalami, namun tenaga medis kesulitan mengidentifikasi sebab pasien menolak proses swab. 

“Jadi kita tidak bisa memastikan apakah yang bersangkutan (positif) Covid-19 atau tidak,” kata Plt Kepala Dinkes Banyuwangi Amir Hidayat kepada Banyuwangi.viva.co.id.

Jangkitan Chikungunya Meluas, Masyarakat Banyuwangi Diminta Waspada

Namun demikian, pihaknya telah melakukan upaya-upaya antisipasi dan peringatan agar Banyuwangi mewaspadai agar tidak ada peningkatan kasus Covid-19.

Diakuinya, penyebaran Covid-19 hanya menunggu waktu untuk tersebar dari Jakarta sampai ke Jawa Timur. 

Banyuwangi KLB Chikungunya, Belasan Orang jadi Suspek

“Menurut rilis WHO, kasus Covid-19 tersebut varian omicron sub varian eris EG.5 dan EG.2. Yang terbaru ada EG 5.1, ada turunannya lagi HK.3,” urai Amir. 

Sub varian eris disebutnya memiliki kecepatan penyebaran yang tinggi, sehingga kemudian pihaknya akan mengeluarkan imbauan masyarakat meningkatkan kekebalan tubuh serta menyiapkan vaksinasi, terutama bagi yang belum menerima suntikan booster kedua. 

Halaman Selanjutnya
img_title