Gibran Akui Banyak Meniru Banyuwangi untuk Pembangunan di Solo

Potret Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • Viva.co.id

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku banyak meniru Banyuwangi untuk pembangunan di wilayah yang ia pimpinan yaitu Solo, Jawa Tengah. 

125 Anggota PPK Dilantik KPU Banyuwangi untuk Pilkada 2024

Bahkan secara terang-terangan ia mengaku terinspirasi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang kini menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). 

Seperti yang ia rangkum dalam bukunya yang berjudul “Wali Kota Karbitan” dengan mengangkat tema geliat Solo di tangan Gibran yang ia bagikan kepada pelaku ekonomi kreatif saat berkunjung ke Banyuwangi. 

Beri Efek Jera, KPU Banyuwangi "Parkirkan" PPK Pelanggar Kode Etik

“Solo dan Banyuwangi sama. Bentuk bangunan, fungsi-fungsi bangunan, syaa banyak sekali meniru dari Pak Anas,” kata Gibran. 

Selain itu, Solo dan Banyuwangi juga memiliki kesamaan latar belakang cerita yaitu Banyuwangi yang berjuluk Santet of Java kini menjadi Sunrise of Java, sementara Solo dahulu dijuluki kota teroris dan paling intoleran, sekarang menjadi kota paling toleran nomor 4 di Indonesia. 

PKB Beri Rekom untuk Pilkada Banyuwangi, Gus Makki: Siap jadi Anak Baik

Meski begitu, ia mengakui tetap ada beberapa perbedaan yang terjadi karena kondisi wilayah yang tak sama, yaitu Banyuwangi disebutnya memiliki wisata alam yang sangat luar biasa. 

“Kalau Solo harus bikin event dulu,” ujar kakak kandung Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep tersebut. 

Halaman Selanjutnya
img_title