Rayakan Raihan Adipura, Bupati Ipuk Tasyakuran bersama Petugas Kebersihan

Bupati Ipuk tasyakuran Adipura bersama petugas Kebersihan
Sumber :
  • Dok.Pemkab Banyuwangi/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi –Ratusan pesapon berkumpul di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Rabu, 6 Maret 2024. Para juru bersih itu makan bersama dengan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dalam rangka tasyakuran atas raihan Piala Adipura. Sebuah penghargaan yang menjadi perlambang supremasi kebersihan kota dan lingkungan hidup.

Serahkan 10.000 Sertipikat Tanah Elektronik, Presiden Jokowi: Banyuwangi Terbesar di Indonesia

“Penghargaan ini sejatinya bukan untuk saya atau para pejabat ini, tapi ini untuk bapak ibu sekalian yang telah berjibaku setiap waktu mengatasi persampahan di Banyuwangi,” ungkap Ipuk di hadapan ratusan pesapon tersebut.

Para pesapon, lanjut Ipuk, telah menjadi garda terdepan penanganan sampah. Sehingga problematika sampah bisa terurai.

Bupati Ipuk: Cegah Penyakit Degeneratif di Usia Muda Begini Caranya

“Terima kasih atas dedikasi bapak ibu semua. Mari kita terus kampanyekan gaya hidup bersih, tidak buang sampah sembarangan. Sehingga beban kerja bapak ibu sekalian bisa berkurang,” harap Ipuk.

Lebih jauh Ipuk menjelaskan tata kelola persampahan di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Tak semata hanya sebatas ditingkatkan jumlah juru bersih saja. Namun, dirancang pengelolaan sampah dari hulu ke hilir.

3.700 Pasukan Amankan Kunjungan Presiden Jokowi di Banyuwangi

“Saat ini, penilaian Adipura tak sebatas pada kebersihan secara kasat mata saja. Tapi, bagaimana tata kelolanya, upaya untuk menguranginya, hingga keterlibatan masyarakat,” papar Ipuk pada Banyuwangi.viva.co.id.

Perlu diketahui, pada 2023 yang lalu, Kabupaten Banyuwangi mencapai Pengurangan Sampah sebesar 92,260.89 ton/tahun atau sekitar 30.22 persen. 

Halaman Selanjutnya
img_title