Gempur Kemiskinan, Banyuwangi Bakal Luncurkan Program Padat Karya

Ilustrasi kemiskinan
Sumber :
  • Antara/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi bakal meluncurkan program Padat Karya Kemiskinan yang menargetkan penurunan angka kemiskinan di wilayah tersebut. 

Pedagang Pasar Banyuwangi Tuntut 2 Hal Sebelum Proses Relokasi Dimulai

“Target menurunkan kemiskinan di Banyuwangi dari 7 digit menjadi 6 digit,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pengairan, Guntur Priambodo. 

Guntur menambahkan, rencananya launching program tersebut akan digelar di Embung Dasri di Kecamatan Tegalsari dan ia berharap program akan berjalan dengan baik. 

Harga Beras di Banyuwangi Turun hingga 24 Persen

Untuk diketahui, persentase penduduk miskin di Kabupaten Banyuwangi sebelumnya telah mengalami penurunan dari 7,51 persen pada tahun 2022 menjadi 7,34 persen pada tahun 2023.

“Realisasi tahun 2023 telah melebihi target yang ditetapkan, dengan capaian sebesar 102 persen,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat penyampaian Laporan Kerja Pertanggungjawaban (LKPJ) bersama DPRD Banyuwangi. 

Bupati Imbau UMKM di Banyuwangi Konsisten Jaga Kehalalan Produk

Ipuk melanjutkan, penanganan kemiskinan di Kabupaten Banyuwangi juga semakin baik, berbanding lurus dengan meningkatnya garis kemiskinan dari Rp 387.084 pada 2021 menjadi Rp 448.928 pada tahun 2023.

“Peningkatan garis kemiskinan di Kabupaten Banyuwangi ini menandakan nilai pengeluaran kebutuhan minimum penduduk di Kabupaten Banyuwangi semakin tinggi yang berarti tingkat hidup layak penduduk Kabupaten Banyuwangi semakin baik,” jelas Ipuk. 

Halaman Selanjutnya
img_title