Banyuwangi Dorong Peningkatan Kesejahteraan Lewat Pelatihan Membatik untuk Emak-emak

Emak-emak mengikuti pelatihan membatik
Sumber :
  • Fitri Anggiawati/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat lewat berbagai program, di antaranya mengadakan program pelatihan membatik. 

Cerpen Bahasa Using Banyuwangi, Judul: Lilin Lan Lintang

Seperti yang diikuti puluhan emak-emak di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon yang mengikuti pelatihan membatik di kantor desa selama 5 hari pada 27-31 Mei 2024.

“Ada 40 peserta dari Desa Sumberarum,” kata Kepala Bidang Sarana, Prasarana dan Pemberdayaan Industri Dinas Tenaga Kerja Banyuwangi, Ikwan pada Banyuwangi.viva.co.id.

Liburan Telah Tiba, Ini Rekomendasi Hotel di Banyuwangi, Dekat Pusat Kota dan Wisata!

Tak hanya itu, Disnaker Banyuwangi menargetkan 100 peserta yang akan mendapatkan pelatihan, namun lokasi pelatihan untuk jumlah sisanya masih akan menyusul. 

“Desa mana yang paling membutuhkan untuk mendapatkan pelatihan akan jadi yang diutamakan,” ujar Ikwan. 

Seblang Bakungan Banyuwangi, Ritual Sakral yang Telah Berusia Ratusan Tahun

Ikwan menyebut pelatihan membatik akan menjadi program berkelanjutan yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dan pengawasannya akan dipantau langsung oleh Disnaker Banyuwangi menggandeng pihak desa. 

Sementara itu, emak-emak yang menjadi peserta pelatihan tampak antusias mempelajari teknik membatik dengan hati-hati dan seksama. 

Halaman Selanjutnya
img_title