Disdikbud Bireuen Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Sumber :
  • Istimewa / VIVA Banyuwangi

Bireuen, VIVA Banyuwangi – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bireuen menggelar pelatihan penguatan profil pelajar pancasila untuk sekolah pelaksana IKM Mandiri jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang dibuka pada Senin 27 Mei 2024 di Wisma Bireuen Jaya.

Wisata Edukasi ke Kapal Perang TNI AL, Inspirasi Generasi Muda Banyuwangi

Kepala Disdikbud Bireuen melalui Plt. Kabid Pembinaan SMP, Zamzami, mengatakan, penguatan nilai-nilai Pancasila di sekolah sangat penting dilaksanakan.

"Penguatan nilai-nilai Pancasila yang dilakukan melalui kegiatan keagamaan seperti Yasinan, Shalawat, Salat Dhuha dan salat Zuhur bersama merupakan langkah yang tepat,” kata Plt. Kabid Pembinaan SMP, Zamzami.

Polemik Jilbab Paskibraka 2024: Gugatan Hukum dan Tuntutan Keadilan

Plt. Kabid Pembinaan SMP, Zamzami menambahkan, hal itu sejalan dengan pentingnya menanamkan nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan sosial sejak dini.

"Memperkuat nilai-nilai Pancasila bukan hanya tanggung jawab sekolah penggerak, tetapi harus menjadi gerakan bersama di seluruh sekolah,” kata Plt. Kabid Pembinaan SMP, Zamzami.

Krisis Guru di Lumajang: Ribuan Siswa Terancam Kekurangan Pengajar!

Plt. Kabid Pembinaan SMP, Zamzami menambahkan, sosialisasi dan pelatihan bagi guru dan staf sekolah perlu dilakukan secara berkelanjutan untuk meningkatkan kemampuan tenaga pendidik dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila pada siswa.

"Selain kegiatan keagamaan, berbagai upaya lain dapat dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila, seperti mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam kurikulum dan pembelajaran,” sebut Plt. Kabid Pembinaan SMP, Zamzami.

Halaman Selanjutnya
img_title