KA Pandalungan Layani 100 Ribu Penumpang Lebih, Sudah Genap 1 Tahun Beroperasi

KA Pendalungan saat berada di stasiun
Sumber :
  • Fuad/Daop 9 Jember

Lumajang, VIVA Banyuwangi Kereta api Pandalungan relasi Jember – Gambir dan sebaliknya telah genap berusia satu tahun pada 1 Juni 2024. Selama periode tersebut, kereta api yang diresmikan oleh Bupati Jember, Hendy Siswanto bersama Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa pada 1 Juni 2023 yang lalu telah mengangkut 109.071 pelangan dari wilayah Daop 9 Jember untuk menuju Jakarta ataupun kota-kota yang lain di sepanjang rute yang dilewati.

1 Orang Belum Ditemukan, Tim SAR Hentikan Pencarian Korban Tebing Longsor di Lumajang

Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro, pada Banyuwangi.viva.co.id, mengatakan, meskipun KA Pandalungan keberangkatan awal dari Stasiun Jember, tetapi kereta api dengan rute terjauh yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan menempuh jarak 919 kilometer tersebut, tidak hanya diminati oleh masyarakat Jember, Lumajang, Probolinggo dan Pasuruan saja, tetapi juga masyarakat di wilayah tapal kuda yang lain seperti Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso.

“Selama satu tahun beroperasi, rata-rata setiap harinya 300 penumpang atau 75 persen dari kapasitas yang disediakan sebanyak 400 tempat duduk, diberangkatkan dari wilayah Daop 9 Jember. Bahkan pada momen-momen tertentu seperti libur lebaran, tahun baru maupun libur panjang akhir pekan, tiketnya sudah habis dipesan jauh-jauh hari,” terang Cahyo.

Nur Wakit Daftarkan Diri, Sebagai Bacabup Dari Partai Golkar

Selain untuk mengangkut penumpang, rangkaian KA Pandalungan yang sebelumnya membawa 8 kereta kelas eksekutif, satu kereta makan dan satu pembangkit, mulai 1 Oktober 2023 ditambahkan satu gerbong barang untuk mengangkut barang hantaran penumpang atau retail seperti sepeda, motor, hewan maupun barang yang lain.

“Sejak dioperasikan hingga April 2024, barang yang sudah diangkut sebanyak 638.291 kilogram, barang tersebut dimuat dari beberapa stasiun seperti Stasiun Jember, Klakah, Probolinggo dan Pasuruan,” imbuhnya.

KM 55 Piket Nol Lumajang Ditutup Lagi Karena Longsor

Melihat animo masyarakat yang cukup baik pada KA Pandalungan, sejak Desember 2023 KAI mengganti sarana yang digunakan pada rangkaian KA Pandalungan.

“Untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, mulai Desember 2023 rangkaian KA Pandalungan diganti dengan Kereta Eksekutif New Image yang bisa melaju hingga kecepatan 120 km/jam,” katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title