Pemkab Banyuwangi Mulai Cek Kesehatan Hewan Kurban Jelang Idul Adha

Hewan kurban diperiksa
Sumber :
  • Dok. Pemkab Banyuwangi/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi – Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Banyuwangi mulai melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban jelang Idul Adha 1445 H/2024. Pengecekan dilakukan di seluruh peternakan dan lapak pedagang yang tersebar di Banyuwangi. 

Kereta Api Relasi Banyuwangi-Jakarta Segera Meluncur Bulan Juli 2024

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi, Arief Setiawan, mengatakan pengecekan dilakukan dengan melibatkan tim medis veteriner. Mereka bertugas memeriksa berbagai aspek kesehatan hewan, termasuk kondisi fisik dan bebas dari penyakit menular.

“Pemeriksaan kesehatan ini untuk memastikan bahwa hewan-hewan yang akan dijadikan kurban dalam kondisi sehat dan layak untuk dikonsumsi. Yang paling penting memenuhi kaidah layak hewan kurban,” kata Arief, Selasa (4/6/2024).

Pelayan Pasien ODGJ di Banyuwangi Semakin Mudah, Ada Posyandu Jiwa Lho

Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dispertan Banyuwangi, drh Nanang Sugiharto, menambahkan pemeriksaan dilakukan baik saat hewan belum disembelih (ante-mortem) dan sesudah dipotong (post-mortem).

Proses pengecekan kesehatan mencakup beberapa tahap, mulai dari pemeriksaan fisik umum hingga pengambilan sampel darah dan feses. 

Mabuk Berat, Seorang Pemuda Nekat Tinggalkan Motor Semaleman di Tepi Jalan

Tim medis veteriner memeriksa tanda-tanda klinis seperti demam, luka, gangguan pernapasan, dan kondisi tubuh secara keseluruhan. Selain itu, juga dilakukan pengukuran suhu tubuh hewan dan pemeriksaan kelenjar getah bening untuk mendeteksi adanya infeksi.  

“Peternakan hewan yang sudah lolos pemeriksaan akan mendapatkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari Dispertan,” kata Nanang.

Halaman Selanjutnya
img_title