Banyuwangi Tuan Rumah Konferensi Internasional Jaringan Geopark Global

Konferensi Internasional Jaringan Geopark Global
Sumber :
  • Dok. Pemkab Banyuwangi/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Menjalin kerjasama global untuk mengembangkan pariwisata berkelanjutan dalam kerangka geopark, Banyuwangi menjadi tuan rumah pelaksanaan pre-event Geotourism Festival.

Urai Kemacetan Pelabuhan Ketapang Dengan Cara ini

Event ini adalah rangkaian event global, The 5th Geotourism Festival & International Conference 2024 yang puncaknya akan dilaksanakan di Sydney, Australia.

Geotourism Festival adalah ajang yang digelar jaringan geopark global yang fokus mengangkat isu-isu konservasi, edukasi, mitigasi bencana, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal terutama bidang geowisata.

Menikmati Festival Arsitektur Nusantara di Lereng Pegunungan Ijen Banyuwangi

Tahun ini rangkaian Geotourism Festival digelar di tiga tempat, yakni Ijen Geopark (29 Juni-1 Juli), Rinjani Geopark (4 Juli), dan puncaknya digelar konferensi di Sidney, Australia (18-19 Juli) dimana Bupati Ipuk Fiestiandani diundang menjadi salah satu pembicaranya.

Ijen Geopark sendiri telah resmi menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark (UGG) sejak 2023 lalu.

6 Kecamatan di Probolinggo Rawan Karhutla Saat Musim Kemarau

"Rangkaian kegiatan Geotourism Festival menjadi ruang bersama, berkolaborasi mengembangkan program-program inovasi dan pembangunan geopark yang berkelanjutan di wilayah Asia-Pasifik," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Sebelumnya, saat pengukuhan Ijen Geopark sebagai bagian UGG, di Maroko 2023 lalu, Bupati Ipuk telah melakukan kerjasama penandatanganan Mou dengan sejumlah pengelola UGG partner dari beberapa negara.

Halaman Selanjutnya
img_title