Smart Kampung Banyuwangi Dipresentasikan di Forum Smart City Asean di Laos

Forum Smart City Asean di Laos
Sumber :
  • Dok. Pemkab Banyuwangi/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi –Program digitalisasi layanan publik Smart Kampung Banyuwangi, dipresentasikan dalam ASEAN Smart City Network (ASCN), yang dihadiri delegasi 10 negara anggota ASEAN, di Luang Prabang, Laos.  

Bupati Ipuk Apresiasi Kinerja Bidan Tangani Stunting dan AKI/B

Selain delegasi dari 10 negara ASEAN, forum yang berlangsung selama 4 hari (29/7 – 2/8 2024) ini juga dihadiri perwakilan dari pemerintahan Jepang, Korea Selatan; dan Kementerian Dalam Negeri Amerika Serikat, untuk membahas kerja sama dalam memajukan pembangunan perkotaan yang cerdas dan berkelanjutan.  

“Banyuwangi telah masuk network ASCN, bersama dengan Jakarta dan Kota Makassar. Dalam forum itu Banyuwangi diminta sharing tentang pengembangan digitalisasi pelayanan di daerah. Kami saling berbagi praktek-praktek baik terkait program smart city yang dijalankan masing-masing perwakilan negara,” kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kabupaten Banyuwangi, Budi Santoso, yang hadir dalam forum tersebut.

Banyuwangi Raih Penghargaan Hub Award dan Wahana Tata Nugraha (WTN) 2024 dari Kemenhub

Di forum tersebut Budi memaparkan perkembangan Smart Kampung yang merupakan program pengembangan desa terintegrasi dengan memadukan penggunaan TIK dengan kegiatan ekonomi produktif, kegiatan ekonomi kreatif, peningkatan pendidikan-kesehatan, pelayanan publik, dan upaya pengentasan kemiskinan.   

"Program Smart Kampung untuk memudahkan pelayanan publik hingga tingkat desa, yang dipadu dengan pemberdayaan. Ujungnya adalah meningkatkan kesejahteraan sosial-ekonomi warga," kata Budi.  

Inilah Daftar Lengkap Juara Lomba Agustusan Desa Bajulmati

Lewat Smart Kampung, pemkab juga telah mengembangkan Mal Pelayanan Publik (MPP) digital pertama di Indonesia.

MPP digital ini MPP Digital di Banyuwangi mengintegrasikan layanan publik secara digital melalui satu aplikasi "Smart Kampung Banyuwangi".

Halaman Selanjutnya
img_title