Jazz Gunung Ijen 2024: Merdekanya Jazz, Merdekanya Indonesia

Press Conference Jazz Gunung di Banyuwangi
Sumber :
  • Dok. Jazz Gunung

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Musik jazz menjadi salah satu musik yang paling “merdeka” sebab memainkannya sarat dengan “kebebasan”. Bukan berarti tanpa skill bermusik yang baik. Selain itu secara historikal, di negara asalnya, musik jazz lahir karena semangat perjuangan.

Polres Situbondo Amankan 2 Pengedar Ratusan Pil Trex

“Kenapa kami buat di tanggal 17 Agustus karena ada benang merah dari semangat musik jazz yang penuh perjuangan. Ini kali kesepuluh Jazz Gunung Ijen digelar. Sempat terhenti karena pandemi dan masih kehilangan sosok Djaduk Ferianto, seniman asal Yogyakarta yang ‘menjahit’ budaya lokal dengan musik jazz, jadi kami putuskan untuk kembali ke akar menyajikan musik jazz-nya,” ungkap Bagas Indyatmono, Direktur Utama PT Jazz Gunung Indonesia (JGI) dalam acara press conference Jazz Gunung Ijen 2024 yang digelar di Hotel Santika, Banyuwangi, Jumat, 16 Agustus 2024.

Hadir dalam acara, Head Regional Funding & Retail Transaction Banking  BRI, Wahyuningtyas Kurniati, VP Sales & Business Operation Jiwa Jawa, Chandra Hadi Siswoyo, Corporate Marcomm Manager Santika Indonesia Hotels & Resorts, Prita Gero, dan perwakilan penampil, Indra Lesmana.

Polisi Tangkap Pasangan Suami Istri Pelaku Kekerasan terhadap Anak di Banyuwangi

Semangat kemerdekaan dalam musik jazz ditawarkan oleh Jazz Gunung Ijen yang kembali diselenggarakan tahun ini oleh PT Jazz Gunung Indonesia (JGI) sebagai rangkaian ketiga Jazz Gunung Series 2024 setelah Jazz Gunung Slamet (Mei) dan Jazz Gunung Bromo (Juli).

Bagi warga Banyuwangi, Jazz Gunung Ijen menjadi barometer penyelenggaraan pagelaran acara musik yang bergengsi. Acara ini menawarkan sajian kurasi musik jazz berkualitas dengan bentangan pemandangan indah pegunungan Ijen dan kesejukan di Taman Gandrung Terakota, Banyuwangi, 17 Agustus 2024. Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI yang ke-79. Menghadirkan Indra Lesmana Trio, Sri Hanuraga, Elfa Zulham, Kevin Yosua, Aditya Ong Quartet, dan Yuri Mahatma’s Straight & Stretch feat. Dian Pratiwi.

Polsek Purwoharjo Ungkap Kasus Ilegal Logging, Dua Pelaku Diamankan

“BRImo melihat ternyata kami dengan JGI punya kesamaan value, yaitu mendukung karya anak bangsa. Selain itu kami sebagai penyedia layanan keuangan merasa takjub ketika melihat sejak Jazz Gunung Bromo (acara sebelumnya) menghidupkan UMKM di sekitar Bromo. Pedagang, penyedia homestay, transportasi semua ikut kena dampak ekonomi dari gelaran acara tersebut. Karena itu lah kami ingin berpartisipasi menjadi bagian dari gerakan kolektif memberdayakan masyarakat ini,” ungkap Wahyuningtyas Kurniati.

“Merdekanya Jazz, Merdekanya Indonesia” menjadi tajuk pagelaran kali ini. Bersama-sama merayakan kemerdekaan dalam momen yang indah di Jazz Gunung Ijen 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title