Semangat Kemerdekaan Melantun Syahdu dalam Jazz Gunung Ijen 2024

Semangat Kemerdekaan Melantun Syahdu dalam Jazz Gunung Ijen 2024
Sumber :
  • Dok. Jazz Gunung

Banyuwangi, VIVA BanyuwangiJazz Gunung Ijen 2024 kembali terselenggara dengan sukses, menggabungkan keindahan alam, budaya lokal, dan harmoni jazz di Taman Gandrung Terakota, bertempat sebuah amphitheater yang terletak di Jiwa Jawa Ijen Resort, Banyuwangi.

Rekomendasi Wisata di Bondowoso, Kota Permata Tersembunyi di Kaki Gunung Ijen

Festival yang diselenggarakan pada 17 Agustus 2024, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia, mengusung tema "Merdekanya Jazz, Merdekanya Indonesia," menggambarkan semangat kebebasan yang terpatri dalam musik jazz dan perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Festival ini dibuka dengan baik oleh Aditya Ong Quartet, yang mengalunkan musik jazz dalam latar pemandangan bukit sawah terasering yang menakjubkan.

Hotel Nyaman di Banyuwangi Dekat Kawah Ijen

Penonton yang hadir disuguhi penampilan dari para musisi jazz papan atas Indonesia, termasuk Elfa Zulham, Kevin Yosua, Sri Hanuraga, Yuri Mahatma's Straight & Stretch feat. Dian Pratiwi, dan juga Indra Lesmana Trio.

Setiap penampilan tidak hanya menghibur, tetapi juga mencerminkan kebebasan ekspresi yang sejalan dengan semangat kemerdekaan.

Pesona Jawa Timur: Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi

“Jazz ada semangat kemerdekaan, sebuah musik yang memberikan para pelakunya 'agency' merdeka dari perbudakan. Malam ini kami ingin menafsirkan ulang dari kemerdekaan itu. Di Jazz selalu ada tradisi musisinya terus berusaha menemukan subjektivitas dan kosa bunyi baru," jelas Sri Hanuraga dalam penampilannya membawakan karya seorang penyair Palestina, Mahmoud Darwish berjudul Think of Others.

Mereka berturut-turut membawakan karya masing-masing. Mark The Blues karya Elfa Zulham, Here's That Rainy Day karya Kevin Yosua yang sarat ritmis dan dinamis, dan menutup penampilan dengan karya Sri Hanuraga dalam merangkum "cuplikan" lagu-lagu di album (De)Conception miliknya. Format berbeda dari album yang sarat elektronik.

Halaman Selanjutnya
img_title