Latihan Super Garuda Shield 2024: Penguatan Kerjasama Militer Indonesia dan Amerika Serikat

Super Garuda Shield 2024
Sumber :
  • Dok. Super Garuda Shield 2024/ VIVA Banyuwangi

Situbondo, VIVA Banyuwangi –Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Komandan Komando Indo-Pasifik Amerika Serikat, Laksamana Samuel Paparo, memimpin peninjauan latihan Penyerbuan Gabungan atau Joint Strike dalam Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield tahun 2024.

Mengungkap Kecanggihan Sistem Pertahanan Udara Terkini Milik TNI AU

Latihan ini berlangsung di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) 5 Marinir Baluran, Situbondo, Jawa Timur, pada Sabtu, 31 Agustus 2024.

Latgabma Super Garuda Shield 2024 bukan sekadar latihan militer biasa, namun merupakan bentuk penguatan kerjasama strategis antara Indonesia dan Amerika Serikat serta negara-negara mitra lainnya.

Satlantas Porles Situbondo Amankan 2 Sepeda Motor Saat Patroli Antisipasi Balap Liar

Joint Strike, sebagai bagian dari latihan ini, adalah operasi gabungan yang melibatkan berbagai matra Angkatan Bersenjata, termasuk Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara, dari beberapa negara peserta.

Super Garuda Shield 2024

Photo :
  • Dok. Super Garuda Shield 2024/ VIVA Banyuwangi
Dassault Rafale: Elang Tempur Baru TNI AU, Sang Penjaga Kedaulatan Langit Nusantara

Operasi ini memiliki tujuan utama untuk meningkatkan interoperabilitas dan kemampuan koordinasi antar pasukan dari berbagai negara dalam menjalankan operasi militer yang kompleks.

“Latihan ini adalah wujud nyata komitmen kita untuk saling memahami dan memperkuat sinergi di antara kekuatan militer negara-negara sahabat,” ujar Jenderal Agus Subiyanto.

Halaman Selanjutnya
img_title