Banyuwangi Bangun Ribuan Saluran Air Bersih Rumah Tangga Gratis di Desa-Desa

Saluran Air Bersih Rumah Tangga Gratis di Desa-Desa
Sumber :
  • Dok. Pemkab Banyuwangi/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi –Memudahkan warga di desa-desa memenuhi kebutuhan air bersih, Banyuwangi membangun ribuan sambungan rumah (SR) air bersih. Selama 2024, Banyuwangi telah memasang 1.027 sambungan rumah air bersih gratis kepada warga di 10 desa.

Prakiraan Cuaca Banyuwangi, 17 September 2024: Matahari Bersinar, Namun Awan Mendung Siap Mengguyur

SR air bersih ini bertujuan agar masyarakat mudah mendapatkan layanan air minum serta sanitasi yang baik melalui sambungan-sambungan rumah.

"Semoga bantuan ini bermanfaat. Mohon dirawat salurannya, dan airnya dipergunakan seperlunya sesuai kebutuhan sehari-hari,” pesan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat menyerahkan bantuan SR, untuk enam desa di sela program Bunga Desa (Bupati Ngantor di Desa) di Kecamatan Bangorejo, Selasa 10 September 2024.

Warga Desa Genteng Wetan Banyuwangi yang Sulap Saluran Air Kotor Jadi Kolam Ikan

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Ipuk kepada perwakilan penerima progam SR dari enam desa, dengan total 600 SR.

Ipuk mengatakan akan terus meningkatkan ketersediaan dan pipanisasi sambungan rumah air bersih hingga ke desa-desa. Langkah tersebut diambil untuk memudahkan ketersediaan air bersih bagi masyarakat.

Endhog-endhogan, Tradisi Warga Banyuwangi Peringati Maulid Nabi

"Untuk tahun ini total ada 10 desa yang kita kerjakan," ujar Ipuk.

Ditambahkan Kepala Dinas Pengairan Guntur Priambodo, diserahkan SR kepada 6 desa kali ini adalah Desa Sambirejo dan Desa Temurejo yang masuk dalam Kecamatan Bangorejo.

Halaman Selanjutnya
img_title