Laskar Pencerah: Terangi Masa Depan Remaja di Pelosok Pasuruan

Yoga Andika, inisiator Laskar Pencerah Pasuruan
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Banyuwangi

Pasuruan, VIVA Banyuwangi – Yoga Andika, seorang pemuda inspiratif asal Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, mendirikan komunitas Laskar Pencerah untuk mengatasi berbagai permasalahan remaja di wilayahnya. Berawal dari keprihatinan melihat banyaknya remaja yang putus sekolah dan kurang pengetahuan mengenai isu-isu krusial seperti pernikahan dini, bahaya narkoba, dan seks bebas, Yoga tergerak untuk membuat perubahan.

Griya Schizofren: Rumah Empati bagi Orang Dengan Masalah Kejiwaan di Surakarta

"Tujuan kami mengedukasi agar mereka mengetahui dunia luar seperti apa," terangnya

Laskar Pencerah memiliki dua program utama, yaitu, penyuluhan ke Sekolah, Menyasar siswa SMP dan SMA untuk memberikan edukasi tentang berbagai permasalahan remaja, Posyandu Remaja, menjangkau remaja yang tidak bersekolah dengan menyediakan layanan kesehatan dan edukasi.

Tempe "Naik Kelas": Benny Santoso dan Inovasi Tempeman yang Mendunia

Yoga menekankan pentingnya edukasi bagi remaja yang tidak bersekolah karena mereka lebih rentan terhadap pengaruh negatif.

"Edukasi adalah hal yang paling kami fokuskan karena teman-teman yang tidak bersekolah rentan akan pengetahuan terkait narkoba, miras dan lainnya," bebernya. 

Gerakan Gigi Bali Sehat: Mengedukasi dan Membangun Senyum Anak-Anak Bali

Berkat dedikasinya dalam mengedukasi remaja, Yoga dan Laskar Pencerah mendapatkan penghargaan Satu Indonesia Awards dari Astra pada tahun 2016 di bidang kesehatan.

Dukungan dari Astra juga membantu Laskar Pencerah dalam memperluas jangkauan program Posyandu Remaja.

Halaman Selanjutnya
img_title