Awas Hoax ! Netflix Menyangkal Klaim Pendapatan 1 Miliar Dollar Untuk 'Squid Game' Season 2
- www.koreantimes.com
Drakor, VIVA Banyuwangi –Netflix membantah laporan yang mengklaim bahwa “Squid Game” Season 2 akan menghasilkan pendapatan sebesar 1,5 triliun won ($ 1 miliar), bahkan ketika drama bertahan hidup ini terus memecahkan rekor sejak minggu pertama perilisannya.
K EnterTech Hub, sebuah organisasi riset media lokal, baru-baru ini memproyeksikan bahwa Netflix akan mendapatkan setidaknya 1,5 triliun won dari musim baru “Squid Game,” yang dirilis pada 26 Desember tahun lalu.
Dalam analisisnya terhadap musim pertama dan kedua, K EnterTech Hub mengatakan bahwa Season 1 menghabiskan biaya produksi sekitar 25 miliar won dan menghasilkan pendapatan sekitar 1 triliun won, dengan keuntungan sekitar 40 kali lipat dari biaya produksi.
Untuk Season 2, dengan biaya produksi sekitar 100 miliar won, empat kali lipat dari musim sebelumnya, proyeksi menunjukkan pendapatan setidaknya 1,5 triliun won, berdasarkan lintasan kinerja musim pertama.
Menanggapi hal tersebut, raksasa streaming asal Amerika Serikat ini mengeluarkan pernyataan pada hari Rabu, yang menjelaskan bahwa sebagai layanan langganan bulanan, mereka tidak dapat menghitung pendapatan berdasarkan tayangan individu.
“Mengenai analisis pendapatan 'Squid Game 2' yang dirilis oleh sebuah organisasi riset, ada beberapa aspek yang sama sekali berbeda dengan faktanya. Sebagai layanan langganan bulanan, Netflix tidak dapat menghasilkan pendapatan tambahan berdasarkan jumlah penayangan atau waktu penayangan karya individu. Jadi, tidak mungkin untuk menghitung pendapatan berdasarkan keberhasilan satu karya,” kata Netflix.
“Tidak ada informasi resmi yang memungkinkan untuk memperkirakan pendapatan moneter dari karya-karya individual. Netflix tidak mengevaluasi kinerja karya dengan cara ini, dan kami juga tidak bisa melakukannya.”
Netflix menambahkan bahwa metode estimasi ini lebih cocok untuk menganalisis kinerja box office berdasarkan penjualan tiket film atau analisis pendapatan dari layanan bayar per tayang.
“Netflix memiliki struktur yang menghasilkan karya berdasarkan biaya langganan bulanan anggota. Kami menyatakan keprihatinan kami terhadap penyebaran informasi yang tidak akurat karena analisis atau klaim yang salah yang dapat menyebabkan kesalahpahaman yang signifikan tentang struktur bisnis ini,” kata perusahaan streaming tersebut.
“Squid Game” Season 2 meraih posisi teratas di 93 negara dalam waktu dua hari setelah dirilis, dan juga mencetak rekor penonton baru di minggu pertamanya.