Seblang Bakungan di Banyuwangi Bakal Digelar, Cek Tanggal dan Lokasinya!

Seblang Bakungan 2018
Sumber :
  • Dok. Pemkab Banyuwangi/ VIVA Banyuwangi

Wisata, VIVA Banyuwangi – Kabupaten Banyuwangi telah terkenal menyajikan ragam event dan pagelaran menarik setiap tahunnya.

Diduga Konsleting Listrik, Kebakaran Melanda Rumah Warga

Tak sedikit wisatawan domestik maupun internasional yang rela jauh- jauh ke Bumi Blambangan untuk menikmati setiap destinasi yang ditawarkan.

Seblang Bakungan merupakan kegiatan ritual adat yang rutin digelar oleh masyarakat osing setelah peringatan hari raya Idul Adha.

Lahan Gambut di Hutan Gunung Bromo Ludes Terbakar

Berbeda dengan Seblang Olehsari, penari dari Ritual ini adalah seorang wanita tua yang juga akan menari dalam keadaan hilang kesadaran.

Dalam ritualnya, setelah dibacakan mantra dan doa, sesaat kemudian seblang langsung kerasukan roh dan menari mengikuti irama gending yang mengiringinya. Selama semalam suntuk, penari seblang akan menari dengan diiringi puluhan gending. Diantaranya, kodok ngorek dan seblang lukinto.

Perundungan Siswa SMP di Banyuwangi, Pemkab Gerak Cepat Tuntaskan Masalah

Ritual itu dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur atas segala sesuatu yang diberikan tuhan, kegiatan tersebut juga merupakan upaya memohon berkah dan keselamatan bagi masyarakat Bakungan.

Seblang sendiri adalah singkatan dari 'sebele ilang' atau sialnya hilang. Di Banyuwangi, seblang dapat ditemui di dua tempat, yakni Kelurahan Olehsari dan Bakungan.

Halaman Selanjutnya
img_title