Dihadiri Menpan-RB, Kebo-Keboan Alas Malang Berlangsung Meriah

Kebo-keboan Alasmalang
Sumber :
  • Istimewa

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Ritual adat kebo-keboan yang telah sangat dinantikan masyarakat Banyuwangi, khususnya Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh berlangsung meriah pada Minggu (30/07/2023). 

Berkaca dari Insiden Subang, Dishub Banyuwangi Minta PO Bus Sadar Tanggung Jawab

Ribuan masyarakat memadati simpang empat jalan desa, tepatnya di depan Balai Dusun Krajan, Desa Alasmalang, tempat berlangsungnya ritual yang telah ada sejak abad ke-18 tersebut. 

Dalam acara yang digelar sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat, khususnya petani setempat, turut dihadiri Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas. 

Bupati Ipuk Cek Kesiapan Lokasi Relokasi Pedagang Pasar Banyuwangi

Dalam kesempatan tersebut Bupati Ipuk mengungkapkan rasa terima kasihnya secara langsung kepada tokoh masyarakat, panitia serta masyarakat umum karena terus melestarikan adat dan kearifan lokal. 

Ritual kebo-keboan disebutnya mengandung makna yang baik karena merupakan bentuk ikhtiar masyarakat, khususnya para petani kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

Pelaku Ekraf Banyuwangi Digelontori Kredit Iklan 15 Ribu USD?

“Atas nama Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Banyuwangi, kami sangat mendukung semua kegiatan masyarakat. Pemkab berkomitmen mendukung dan mempromosikan berbagai kegiatan budaya. Semoga dengan ritual ini, hajat kita dapat dikabulkan Tuhan,” harapnya. 

Dalam rangkaian acara, kebo-keboan dibawakan oleh pemuda yang merias dirinya seperti hewan kerbau dengan melumuri dirinya menggunakan cairan hitam serta memakai tanduk dan rambut palsu. 

Halaman Selanjutnya
img_title