Eco Bhinneka Muhammadiyah Gelar Seni Budaya Lintas Iman, Serukan Kerukunan Beragama

Seni budaya lintas iman
Sumber :
  • Istimewa

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Muhammadiyah memiliki kiat untuk menyerukan kerukunan antarumat beragama sekaligus pelestarian lingkungan, salah satunya melalui program Eco Bhinneka Muhammadiyah yang menggelar seni budaya lintas Iman. 

Naskah Kuno Banyuwangi Diusung jadi Ingatan Kolektif Nasional 2024

Kegiatan tersebut digelar pertama kali di Desa Glagahagung, Kecamatan Purwoharjo yang melibatkan 6 perwakilan agama dari desa sampingan Eco Bhinneka untuk tampil pada Sabtu (29/07/2023). 

Pagelaran seni budaya dibuka oleh staf ahli Bupati Banyuwangi Edy Supriyono dan didampingi Camat Purwoharjo Taufik Rohman serta Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani yang bergabung secara daring. 

Cerpen using, Judul: Pecel Pitik

Bupati Ipuk menyampaikan ketertarikannya serta memberikan apresiasinya kepada kegiatan Eco Bhinneka Muhammadiyah.

Ipuk juga menyampaikan dukungannya kepada para perempuan muda bergerak yang disebutnya sebagai pelopor kegiatan kemanusiaan. Ia mendorong agar perempuan muda dapat menjadi perintis, pelopor, dan ahli organisasi.

Banyuwangi Gelar Festival Bagel untuk Lestarikan Permainan Tradisional

"Mungkin melalui kegiatan ini perempuan Banyuwangi dapat berperan aktif dalam menjaga lingkungan dan budaya. Perempuan pilar utama pembangunan, mempunyai peran besar. Bila perempuan bergerak, akan berdampak lebih luas lagi,” katanya. 

Program Eco Bhinneka juga disebutnya menjadi bukti bahwa persatuan dalam keberagaman masih menyala terang, sehingga bentuk kepedulian sosial yang menjadi ciri khas masyarakat Banyuwangi selalu muncul. 

Halaman Selanjutnya
img_title