Masyarakat Banyuwangi Diminta Waspadai Rotavirus, Bisa Akibatkan Kematian Balita

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, Amir Hidayat
Sumber :
  • M Romi Syahroni / VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Masyarakat Banyuwangi diminta mewaspadai Rotavirus. Virus ini menjadi salah satu penyakit yang membahayakan balita. Paparan virus ini bisa memicu diare berat. Akibatnya bisa fatal, mulai dehidrasi bahkan bisa sampai berakibat kematian.

Tips Lancar Menyusui Saat Puasa Ramadhan, Begini Caranya

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan, Banyuwangi Amir Hidayat mengatakan, rotavirus adalah salah satu virus penyebab diare. Penularannya melalui jalur fecal-oral, yaitu menular dari feses penderita yang tidak sengaja masuk ke mulut orang sehat.

"Rotavirus yang keluar melalui feses bisa mengontaminasi air, makanan, minuman, dan benda-benda yang ada di sekitar, seperti mainan dan alat dapur," jelasnya, Selasa, 1 Agustus 2023.

Presiden Targetkan Zero Stunting di 2024, Ipuk: Banyuwangi Kerja Keras

Kondisi ini, lanjutnya, biasanya terjadi jika kebersihan lingkungan dan kebersihan diri penderitanya tidak terjaga dengan baik.

Dia mencontohkan, saat orang yang terpapar virus ini tidak mencuci tangan dengan bersih setelah buang air besar. Kemudian yang bersangkutan menyentuh benda yang ada di sekitarnya.

Mencegah Dehidrasi di Masa Puasa, Begini Cara Konsumsi Air Putih

"Di beberapa daerah kasus diare terpantau cukup tinggi selama 2 tahun terakhir, tak terkecuali di Banyuwangi," bebernya.

Lebih jauh dijelaskan, Kementerian Kesehatan saat ini telah menyiapkan vaksin rotavirus. Hadirnya vaksin ini diharapkan mampu memperkuat kekebalan imun pada balita.

Halaman Selanjutnya
img_title