Beradaptasi dengan Cuaca Panas: Tips Kesehatan untuk Tetap Nyaman dan Sehat

TIps beradaptasi dengan Cuaca Panas
Sumber :
  • Novita Nur Azizah/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Awal Oktober 2023 cuaca panas yang melanda beberapa wilayah di Indonesia khusunya Banyuwangi belakangan ini. Dalam beberapa hari terakhir, suhu udara mencapai 24-36 derajat Celsius, menciptakan kondisi yang kurang nyaman untuk beraktivitas di luar ruangan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengindikasikan bahwa cuaca panas ini disebabkan oleh lapisan bawah atmosfer yang relatif kering.

BMKG Banyuwangi: Waspada Cuaca Ekstrim dan Gelombang Tinggi

Cuaca panas dan terik ini tidak hanya membuat aktivitas di luar rumah menjadi tidak nyaman, tetapi juga meningkatkan risiko gangguan kesehatan seperti dehidrasi, iritasi kulit, sakit kepala, gangguan penglihatan, dan bahkan kehilangan kesadaran. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengambil langkah-langkah yang tepat agar tetap sehat dan nyaman selama periode cuaca panas ini.

Berikut adalah beberapa tips kesehatan yang bisa diikuti untuk tetap sehat saat cuaca panas yang di kutip dari web kesehatan halodok.com:

Banyuwangi KLB Chikungunya, Belasan Orang jadi Suspek

1. Banyak Minum Air Putih

   Saat cuaca panas, tubuh kehilangan cairan dengan cepat. Penting untuk memperbanyak konsumsi air putih agar tetap terhidrasi dengan baik. Hindari minuman berkafein karena dapat mempercepat kehilangan cairan tubuh.

BMKG Juanda Himbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem Sepekan Depan

2. Konsumsi Buah-Buahan Tinggi Air

   Buah-buahan seperti semangka, melon, dan jeruk memiliki kandungan air yang tinggi. Mengonsumsinya dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan juga memberikan asupan vitamin yang baik.

Halaman Selanjutnya
img_title