10 Penghalang Dalam Belajar Ilmu Agama, Nomor 7 Seperti Gelas Penuh

Ustad Ahmad Muzaqi, Alumni STDI Imam Syafi'i Jember
Sumber :
  • Anton Heri Laksana/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi,VIVA Banyuwangi –Dalam agama Islam, menuntut ilmu harus dilakukan hingga ajal menjemput. Kita wajib mempelajari ilmu Agama Islam agar mendapatkan petunjuk dalam menjalani kehidupan di dunia. Namun ada 10 penghalang yang bisa menghambat proses belajar ilmu Agama Islam.

Mengenal Malam Lailatul Qadar, Seperti ini Cara Mengenalinya

Yang pertama adalah memperlajari ilmu agama Islam hanya karena diniatkan pada dunia semata dan bukan pada akherat.

 “Kita hanya mempelajari ilmu agama bukan karena Allah SWT tapi sekedar memenuhi keinginan dunia semata. Maka kita tidak akan berhasil dalam merail ilmu yang mulia ini. Kita akan gagal dan tidak akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat,” ujar Ustad Ahmad Muzaqi.

3 Tingkatan Dalam Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan

Saat kita memperlajari ilmu agama Islam berdasarkan dunia semata, bisa jadi kita akan mengalami kesulitan dalam menempuhnya.

“Kita akan merasakan berat dan keberatan. Dan kita niscaya hanya akan mendapatkan Lelah dan capek dalam menjalankannya. Namun kita tidak akan berhasil meraihnya,” tutur Alumni STDI Imam Syafi’I Jember.

Menjaga Kenikmatan Saat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan Pahalanya Luar Biasa

Halangan yang kedua adalah kita hanya ingin mendapatkan ketenaran dengan mempelajari ilmu agama Islam tersebut.

“Jika hanya ingin mendapatkan perhatian dari manusia dan kita ingin menjadi orang yang disanjung karena ilmu agama kita, niscaya kita akan gagal meraih ilmu ini bahkan kita akan menjadi orang yang pertama kali dibakar di neraka -na'udzubillahi min dzalik,” katanya dalam kajian Ramadhan.

Halaman Selanjutnya
img_title