Bupati Ipuk: Cegah Penyakit Degeneratif di Usia Muda Begini Caranya

Bupati Ipuk bersama tenaga kesehatan
Sumber :
  • Dok. Pemkab Banyuwangi/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi –Di momen Bulan Syawal, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani melakukan halal bihalal dengan banyak pihak, termasuk dengan insan kesehatan. Acara tersebut dimanfaatkan Bupati Ipuk mengajak mereka berkolaborasi menuntaskan berbagai permasalahan kesehatan, khususnya terkait penyakit degeneratif yang kini mulai banyak menyerang di usia muda.

Telinga Anda Berdenging? Ini Penjelasan Medisnya

"Penyakit degeneratif, seperti diabetes, gerd, stroke, hipertensi, gagal ginjal, hingga jantung kini tidak milik usia lanjut saja, tapi juga usia muda. Nah, kami mengajak para dokter dan tenaga kesehatan lainnya bisa bersinergi menangani masalah ini,” kata Ipuk, Selasa 30 April 2024.

Ipuk sempat bertemu dan silaturahim dengan para tenaga medis dan paramedis yang tergabung dalam organisasi profesi di Banyuwangi. Antara lain dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Banyuwangi, Iaktan Apoteker Indonesia (IAI), Ikatan Persatuan Dokter Gigi, Ikatan Bidan Indonesia, Persatuan Perawat Nasional Indonesia.   

Omahseum, Museum Tentang Budaya dan Sejarah Banyuwangi Abad 13

Bupati Ipuk dalam acara IDI Banyuwangi

Photo :
  • Dok. Pemkab Banyuwangi/ VIVA Banyuwangi

Saat ini, lanjut Ipuk, penyakit-penyakit tersebut tidak hanya diderita oleh mereka yang berusia di atas 50 tahun, tetapi juga anak muda. 

Kiai Muhaimin Terpilih Menjadi Ketua MUI Banyuwangi

"Tentu ini adalah fakta yang sangat mengkhawatirkan. Saya dapat info dari dari RSUD Blambangan bahwa sudah mulai ada trend pasien gagal ginjal di usia muda. Salah satu faktornya karena gaya hidup yang tidak sehat," kata Ipuk. 

Ipuk berharap agar para tenaga kesehatan ini bisa membantu mempromosikan dan mendorong masyarakat pentingnya pola hidup sehat. Apalagi, Banyuwangi termasuk salah satu daerah yang mendapatkan bonus demografi. 

Halaman Selanjutnya
img_title