Panitia Siap Sukseskan Pilkades di Lumajang 27 September Mendatang, ini Kesiapannya?

Pilkades Serentak 8 Desa Di Kabupaten Lumajang
Sumber :
  • Achmad Fuad Afdlol/viva banyuwangi

Lumajang, VIVA Banyuwangi - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur terus melakukan monitoring kesiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2023. Pilkades itu, diperkirakan akan berlangsung pada tanggal 27 September mendatang.

Isu Kades Grobogan Digerebek, Warga Ngeluruk Ke Kantor Kecamatan

Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kabupaten Lumajang, Hani Pujianto mengatakan, persiapan pelaksanaan Pilkades telah dilakukan melalui tahapan-tahapan.

“Tahapan pertama dimulai tanggal 30 Mei 2023 lalu, dengan pembentukan panitia Pilkades tingkat kabupaten, panitia pengawas (Panwas) kecamatan hingga panitia tingkat desa,” katanya kepada sejumlah media massa.

Kasat Narkoba dan Kasat Binmas, Diganti Untuk Penyegaran

Selain itu, dikatakan Hani, pihaknya juga melakukan sosialisasi tentang persyaratan bakal calon kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Camat serta panitia Pilkades tingkat desa.

"Saat ini juga ditindaklanjuti di tingkat kecamatan dan desa kaitannya dengan sosialisasi bakal persyaratan kepada masyarakat. Di desa itu nanti akan dilakukan oleh masing-masing panwas kaitannya tentang sosialisasi tata cara pelaksanaan Pilkades," paparnya.

HCCM Kabupaten Lumajang Kebut Pendampingan Sertifikat Halal Kepada Pelaku Usaha

Sementara, untuk pengumuman dan pendaftaran bakal calon dijadwalkan pada tanggal 26 Juni 2023 hingga batas waktu yang ditentukan, sampai sembilan hari ke depan itu kaitannya dengan pengumuman dan pendaftaran bakal calon, dan itu sudah dilalui semua," terangnya.

Hani menambahkan, bahwa Pilkades serentak kali ini, akan dilaksanakan di delapan desa yang tersebar dalam enam wilayah kecamatan.

Halaman Selanjutnya
img_title