KMP Nusa Makmur Terseret Arus Saat Hendak Menyeberang ke Bali

Proses bongkar muat KMP Nusa Makmur
Sumber :
  • Fitri Anggiawati/VIVA Banyuwangi

Banyuwangi – KMP Nusa Makmur yang melayani penyeberangan Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk sempat terseret arus di perairan Selat Bali pada Jumat (04/08/2023). 

Sambut WWF, Polda Jatim Siapkan Pengamanan Ketat

Kapal tersebut berangkat dari Pelabuhan Ketapang pada pukul 16.25 WIB dengan muatan penuh menuju ke Pulau Dewata. 

Namun, kapal yang seharusnya tiba di Pelabuhan Gilimanuk Bali pada pukul 17.20 WIB tersebut justru terpantau telah berada sejauh kira-kira 10 kilometer ke arah selatan dari Pelabuhan Ketapang pada pukul 20.17 melalui aplikasi marine traffic. 

Festival Memancing jadi Kiat Banyuwangi Perangi Ilegal Fishing dan Bom Ikan

Beruntungnya, pada pemantauan berikutnya pukul 21.00 WIB, KMP Nusa Makmur telah terpantau mendekat ke Pelabuhan Ketapang yaitu di sekitar dermaga Bosowa, Bulusan, Kecamatan Kalipuro. 

"Intinya salah mengambil haluan," terang Kasi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli (KBPP) Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Wangi, Widodo pada Jumat malam (04/08/2023). 

Polres Situbondo Perketat Keamanan Jalur ke Bali

Widodo menyebut, saat arus kuat, dalam kondisi yang belum maksimal, kapal tersebut melakukan persiapan untuk ambil haluan menuju ke pelabuhan tujuan. 

Sementara itu, nahkoda kapal dalam keterangannya menyebut kapalnya terseret arus ke selatan. Ia menyatakan bahwa tak ada kendala yang dialami pada main engine kiri ataupun kanan. 

Halaman Selanjutnya
img_title