Bulog Pastikan Stok Pangan Aman, Imbau Tak Ada Panic Buying

Gudang beras Bulog
Sumber :
  • viva.co.id

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Banyuwangi memastikan stok pangan aman hingga 6-7 bulan mendatang meski di tengah ancaman kekeringan akibat fenomena El Nino

Harga Beras di Banyuwangi Turun hingga 24 Persen

Terlebih, bulog juga direncanakan akan kedatangan kapal dari luar negeri yang membawa beras impor, sehingga menambah stok yang ada saat ini. 

"Stok beras yang tersedia saat ini di gudang sebanyak 11 ribu ton," kata Pimpinan Cabang Bulog Banyuwangi Harisun kepada Banyuwangi.viva.co.id.

Beras Impor 20 Ribu Ton Tiba di Banyuwangi, Stok Pangan Dipastikan Aman

Selain ancaman kekeringan, masyarakat juga dihadapkan dengan naiknya harga kebutuhan pokok, salah satunya beras yang mengalami kenaikan mencapai Rp 75 ribu per kemasan 5 kilogram, jauh dari harga normal yang biasanya di kisaran Rp 55-60 ribu. 

Untuk mengatasi hal tersebut, Harisun mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai langkah penanganan, di antaranya melalui kegiatan operasi pasar sembako murah berkoordinasi dengen Pemkab Banyuwangi.

HPP Rendah, Bulog Ganti Strategi untuk Genjot Penyerapan Gabah

Kemudian, setiap harinya, bulog berkeliling untuk memasok dan mengucurkan beras di toko-toko pasar yang menjadi pecacah Badan Pusat Statistik (BPS). 

"Ada pasar Banyuwangi, Blambangan, Rogojampi, Jajag, dan Srono. Malah ada pemekaran lagi di Muncar dan Tegaldlimo," terangnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title