Dam Singir Dikuras, Ribuan Warga Banyuwangi Berbondong-bondong Cari Ikan

Ribuan orang berburu ikan di area Dam Blambangan/Dam Singir
Sumber :
  • Litalia Putri / VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Bamnyuwangi – Ribuan warga Banyuwangi berbondong-bondong mendatangi Dam Blambangan atau yang lebih dikenal dengan nama Dam Singir yang berada di Desa Blambangan, Kecamatan Muncar pada Minggu, 15 Oktober 2023.

Tabung Elpiji Meledak, 28.000 Ayam di Banyuwangi Mati Karena ini

Kedatangan mereka ini dalam rangka untuk menangkap ikan yang berada di kawasan bendungan saat pihak Korsda Srono melakukan flushing atau pengosongan dam.

Saat pintu air bendungan dibuka sebagai tanda sungai akan dikeringkan, ribuan warga dari berbagai wilayah di Banyuwangi ini langsung turun ke sungai untuk berburu ikan dengan memakai peralatan tangkap tradisional.

Lancarkan Arus Mudik Lebaran, Banyuwangi Kebut Perbaikan Infrastruktur

Salah seorang warga, Sasmito, mengaku telah berada di lokasi sejak pukul 8 pagi untuk menunggu pintu air dibuka.

Pria yang berasal dari Desa Bagorejo, Kecamatan Srono ini bercerita agenda berburu ikan di dam Singir ini sudah menjadi rutinan setiap tahun yang ia ikuti bersama dengan kawan-kawannya.

Sidak Pasar, Disperta Banyuwangi Cek Kelayakan Konsumsi Daging, Ini Hasilnya

“Tiap kali spei (pengeringan sungai) saya selalu datang, kali ini bersama keluarga dan beberapa teman,” kata Sasmito kepada banyuwangi.viva.co.id, Minggu, 15 Oktober 2023.

Hal serupa juga dilakukan oleh Arya, warga asal Cluring yang sudah empat kali ikut berburu ikan-ikan yang mabuk terbawa arus.

Halaman Selanjutnya
img_title