Hutan Karetan Kembali Terbakar, Warga dan Polisi Padamkan Api dengan Alat Seadanya

Polisi dan masyarakat padamkan api
Sumber :
  • M Romi Syahroni / VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi - Kebakaran hutan kembali terjadi, api melahap Hutan Produksi Perhutani KPH Banyuwangi Selatan, Desa Karetan, Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi, Warga yang mengetahui langsung melaporkan peristiwa kebakaran itu ke Polsek Purwoharjo

GM Plaza Labruk Lumajang Ludes Dilalap Si Jago Merah

Tidak membutuhkan waktu lama, pihak kepolisian langsung menuju lokasi untuk melakukan pemadaman api.

Dalam operasi yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Purwoharjo AKP Budi Hermawan, aparat kepolisian dan warga kompak memadamkan api dengan alat seadanya, seperti ranting kayu yang dilakukan untuk menghalau api supaya tidak merambat.

Warga Jember Barat Ingin Adanya Posko Damkar

"Begitu sampai di lokasi kebakaran kami langsung melakukan upaya pemadaman api dengan alat seadanya dan membuat sekat guna mengendalikan api agar tak menyebar ke lahan yg lebih luas lagi, " terang Kapolsek Purwoharjo. Kamis 19 Oktober 2023.

Diketahui kobaran api yang terjadi pada Rabu 18 Oktober 2023 tersebut cepat menyebar lantaran di hutan tersebut dipenuhi kayu, ranting kering dan juga rumput kering. Kondisi tersebut menjadi salah satu penyebab api dengan cepat merambat dan menghanguskan lahan hutan produksi tersebut. 

Uang Beli Baju Lebaran Anak Hilang, Penjual Bensin Eceran di Jember Nangis Menjerit

"Kami lakukan upaya pemadaman api bersama Petugas Perhutani Banyuwangi Selatan, " ungkap AKP Budi.

Polisi belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran hutan tersebut namun, ada kemungkinan jika api berasal dari adanya aktivitas pembakaran sisa sampah. Selain itu, api dapat dengan cepat menyebar lantaran dipengaruhi angin kencang dan cuaca yang panas.

Halaman Selanjutnya
img_title