Suara Partai Tergerus, Suara Caleg Partai Gerindra Banyuwangi Bertambah, Kecurangan?

Rekapitulasi Kecamatan Glagah Banyuwangi
Sumber :
  • Istimewa / VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi –Dugaan kecurangan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 semakin menyeruak kepermukaan. Penggelembungan serta pencurian perolehan suara antar Calon Legislatif (Caleg) dalam 1 partai juga ramai diperbincangkan pasca pelaksanaan Pemilu.

Bakal Calon Bupati Banyuwangi, Sumail Abdullah Nyanyikan Lagu Kelangan, Ayo Tebak Kodenya

Seperti yang dialami Caleg DPRD Propinsi Jawa Timur dari Partai Gerindra, Ahmad Hadinudin yang mengaku telah menjadi korban kecurangan Pemilu 2024.

Caleg dari Daerah Pilihan (Dapil) IV Jatim ini menuding terjadi kecurangan dalam perhitungan suara terjadi di Kecamatan Glagah Banyuwangi Jawa Timur.

Pertemuan 5 Partai Besar Batal Digelar, Michael: Bukan Batal Tapi Ditunda

Akibat kecurangan tersebut, Tim Pemenangan Caleg nomor urut 1 ini menemukan perbedaan perolehan suara yang cukup signifikan pada lembar C1 per Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Kami menilai hal itu (dugaan kecurangan) ada. Sehingga kami juga melihat adanya unsur kesengajaan terjadinya hal ini,” ujar Koordinator Tim Ahli Ahmad Hadinudin, Wawan Kuswanto.

Jelang Pilkada Banyuwangi, Partai Gerindra Buka Komunikasi Dengan Partai Politik Manapun

Dalam temuannya, perolehan suara Ahmad Hadinudin tidak berkurang namun suara perolehan Partai Gerindra yang berkurang.

“Saat yang sama, suara seorang caleg lain justru mengalami peningkatan yang mendadak secara signifikan. Ini pasti ada pelanggaran,” tutur Wawan Kuswanto.

Halaman Selanjutnya
img_title